Pencairan Dana Desa Tahun 2016 Tahap Pertama Tanggal 16 Maret 2016

Pencairan Dana Desa tahun 2016 akan disalurkan dua tahap. Pencairan dana Desa tahap pertama sebanyak 60 persen, Sedangkan Pencairan Dana Desa Tahap kedua sebesar 40 persen. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Marwan Jafar mengungkapkan, dana desa Tahun 2016 akan segera disalurkan, adalah tanggal 16 Maret 2016. Percepatan ini dilakukan, program-program desa sanggup segera direalisasikan.

“Awalnya akan dicairkan/disalurkan bulan April, tapi kita sudah minta Menteri Keuangan supaya sanggup dipercepat. Dan diputuskan, bahwa 16 Maret ini Dana Desa akan segera dicairkan/disalurkan,” ungkapnya, di Kantor Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Jakarta, Selasa (1/3/2016).




Menteri Marwan mengatakan, pencairan dana desa tahun 2016 tersebut akan disalurkan dua tahap. Tahap pertama, dana desa yang akan dicairkan/disalurkan sebanyak 60 persen. 40 persen sisanya, akan dicairkan/disalurkan pada agustus 2016 menhadir.

“Prioritas dana desa tetap untuk infrastruktur. Kemudian untuk masukana dan pra masukana desa menyerupai Posyandu dan lain-lain. Jika kebutuhan fundamental sudah terpenuhi, dana desa sanggup dipakai untuk kapasitas ekonomi desa menyerupai BUMDes, koperasi desa dan lain-lain,” ujarnya.

Terkait hal tersebut, Menteri Marwan sudah  menyiapkan segala persiapan supaya pencairan/penyaluran dana desa dan penerapannya sempurna samasukan. Berbagai bentuk sosialisasi juga sudah dilakukan, supaya masyarakat secara umum memahami dana desa, dan turut serta dalam mengawasi kegiatan tersebut.

“Pendamping sudah disiapkan, fasilitator sudah disiapkan, konsolidasi dengan Pemerintah tempat juga sudah. Fasilitas pendukung pun sudah kita siapkan tiruana, tinggal bagaimana kita mengpertama langsung,” ujarnya.

Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi, Marwan Jafar didampingi Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, Anwar Sanusi dan Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Erani Yustika, melaksanakan press conference wacana prosedur penyaluran dana desa.



= Baca Juga =



Tag : Berita
0 Komentar untuk "Pencairan Dana Desa Tahun 2016 Tahap Pertama Tanggal 16 Maret 2016"

Back To Top