Pedoman Lomba Penemuan Pendidikan Aksara Bangsa Bagi Guru Sma Smk Tahun 2017

PEDOMAN LOMBA INOVASI PENDIDIKAN KARAKTER  2017
Pendidikan abjad bangsa sudah menjadi kepedulian pemerintah dan menjadi salah satu jadwal strategis pada jadwal Renstra Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) periode 2015-2019. Pendidikan abjad bangsa juga menjadi salah satu dari 7 pilar dalam pembangunan pendidikan dan kebudayaan, yaitu: (1) pendidikan untuk tiruana (2) pendidikan sepanjang hayat (3) pendidikan sebagai suatu gerakan (4) pendidikan menghasilkan pembelajar (5) pendidikan membentuk abjad (6) sekolah yang sangat senang dan (7) pendidikan membangun kebudayaan. Untuk mendukung jadwal strategis pemerintah tersebut aneka macam upaya untuk mengimplementasikan dan berbagi pendidikan abjad bangsa sudah banyak dilakukan di aneka macam instansi, yang salah satunya dilakukan oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemdikbud melalui acara Lomba Inovasi Pendidikan Karakter Bangsa Bagi Guru Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan Tahun 2017.




Lomba Inovasi Pendidikan Karakter Bangsa Bagi Guru Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan Tahun 2017 ini ditujukan untuk mempersembahkan penghargaan atas penemuan guru dikmen yang dengan dedikasinya secara inovatif dan kreatif dinilai berhasil dalam berbagi pendidikan abjad bangsa di sekolah. Melalui penghargaan tersebut diperlukan akan memotivasi munculnya aneka macam bentuk acara penemuan pendidikan abjad bangsa lainnya di seluruh tanah air.

Untuk mempersembahkan penghargaan pada guru dikmen yang sudah melaksanakan penemuan pendidikan abjad bangsa, maka perlu disusun pedoman pelaksanaan acara lomba penemuan pendidikan abjad bangsa. Pedoman ini akan menjadi contoh bagi aneka macam pihak dan pemangku kepentingan (stakeholders) untuk menjaring guru dikmen dalam berbagi Pendidikan Karakter Bangsa di sekolah.

PEDOMAN LOMBA INOVASI PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA BAGI GURU Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan TAHUN 2017


Peserta acara Lomba Inovasi Pendidikan Karakter Bangsa Bagi Guru Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan Tahun 2017ini terbagi ke dalam dua kategori, yaitu: 1) bimtek penemuan pendidikan abjad bangsa bagi guru dikmen terseleksi, 2) acara pemdiberian penghargaan bagi guru dikmen dengan penemuan terbaik. melaluiataubersamaini demikian, persyaratan penerima juga terbagi kepada dua kategori, adalah 1) persyaratan untuk penerima bimtek penemuan pendidikan abjad bangsa bagi guru dikmen dan 2) persyaratan finalis acara pemdiberian penghargaan bagi guru dengan penemuan terbaik.

1. Persyaratan penerima bimtek penemuan pendidikan abjad bangsa bagi guru
a. Guru Sekolah Menengan Atas dan SMK, baik PNS maupun Non PNS
b. Memiliki NUPTK
c. Guru yang belum pernah menjadi pemenang lomba penemuan pendidikan abjad pada tahun-tahun sebelumnya
d. Guru yang mengajukan action plan meliputi planning penemuan pendidikan abjad bangsa yang akan dikembangkan dalam pembelajaran di sekolah. File action plan dalam bentuk pdf, dan dikirim melalui laman www.kesharlindungdikmen.id dengan cara mengisi biodata dan mengunggah file action plan tersebut. Apabila ada media dalam bentuk video sanggup dikirim melalui email kesharlindung.dikmen@gmail.com. Video berdurasi 20 menit, meliputi rangkaian seluruh acara penemuan pendidikan abjad bangsa.
e. Guru yang bersedia untuk melaksanakan penemuan pendidikan abjad bangsa di sekolahnya sesuai dengan rencana/action plan yang diajukan.
f. Sanggup mengikuti seluruh rangkaian proses acara dengan segala ketentuan atau aturan.
g. Mendapat izin persetujuan dari kepala sekolah.

2. Persyaratan finalis lomba penemuan pendidikan abjad bangsa
a. Telah mengikuti acara bimtek penemuan pendidikan abjad bangsa yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Pendidikan.
b. Menyerahkan laporan selesai pelaksanaan penemuan pendidikan abjad bangsa di sekolah yang mengacu pada pedoman Direktorat Pembinaan Guru Dikmen Kemdikbud

Waktu Pelaksanaan Kegiatan pemdiberian penghargaan guru dengan penemuan pendidikan abjad bangsa terbaik terdiri dari dua kegiatan, adalah 1) penguatan wawasan dan kemampuan Guru dan 2) pemdiberian penghargaan. Seluruh rangkaian acara memerlukan waktu sekitar delapan bulan dengan rincian sebagai diberikut.
1. Tanggal 30 November – 2 Desember 2016 Penyusunan pedoman kegiatan.
2. Bulan Januari 2017: sosialisasi jadwal acara Inovasi Pendidikan abjad Bangsa melalui laman http://kesharlindungdikmen.id
3. Bulan Januari – Maret 2017: pengiriman action plan penemuan pendidikan abjad bangsa
4. April 2017 : seleksi action plan
5. April 2017 : Pengumuman penerima bimtek
6. April 2017 : pelaksanaan bimtek/workshop pembekalan/penguatan abjad
7. Mei 2017 : penyusunan tawaran sebagai tindak lanjut dari action plan untuk pelaksanaan penemuan pendidikan abjad
8. Mei – September 2017: pelaksanaan penemuan pendidikan abjad di sekolah
9. September 2017 : visitasi ke-100 sekolah terbaik yang dipilih
10. Oktober 2017 : pelaksanaan pemdiberian penghargaan
11. November 2017 : penyusunan laporan acara oleh panitia

Demikian info Lomba Inovasi Pendidikan Karakter Bangsa Bagi Guru Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan Tahun 2017

DOWNLOAD SURAT EDARAN LOMBA INOVASI PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA BAGI GURU Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan TAHUN 2017 (KLIK DISINI)

DOWNLOAD PEDOMAN LOMBA INOVASI PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA BAGI GURU Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan TAHUN 2017 (KLIK DISINI)

Demikian informasi ini disampaikan agar bermanfaa.

===================================================





= Baca Juga =



Tag : Berita, Lomba
0 Komentar untuk "Pedoman Lomba Penemuan Pendidikan Aksara Bangsa Bagi Guru Sma Smk Tahun 2017"

Back To Top