Beasiswa Untuk Guru Tahun 2015, Agenda Teacher Pembinaan 2015

Pemerintah Jepang kembali membuka beasiswa untuk guru tahun 2015 dalam bentuk Program Penataran Guru (Teacher Training Program). Program Penataran ini ialah salah satu aktivitas beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho) yang dirancang khusus bagi para guru untuk meningkatkan kualitas pengajaran sesuai dengan bidangnya. Mereka akan didiberikan petes dalam cara mengajar, pembuatan rencana belajar-mengajar yang lebih efektif dan menarikdanunik minat siswa dan hal-hal lain yang sanggup meningkatkan kualitas dan kemampuan para guru. Program ini ialah aktivitas non-gelar dan lamanya ialah 1 tahun 6 bulan (termasuk 6 bulan berguru bahasa Jepang).

Pendaftaran beasiswa untuk guru tahun 2015 dalam bentuk Program Penataran Guru (Teacher Training Program) dibuka pada 8 Desember 2014 dan ditutup pada 8 Januari 2015.

Fasilitas yang didapat:
1) Tanpa ikatan Dinas
2) Tiket pesawat kelas ekonomi p.p. Indonesia (Jakarta) – Jepang (Tokyo/Osaka)
3) Full cover biaya pendidikan, full cover biaya pembuatan visa pelajar
4) Tuntidakboleh hidup sebesar ¥ 143.000 per bulan, yang didiberikan setiap tamat bulan selama masa studi di Jepang (ada kemungkinan jumlah tuntidakboleh akan mengalami perubahan)
5) Peserta disediakan asrama yang pembayarannya diatur sendiri oleh peserta beasiswa


Syarat-syarat pelamar:
1) Memiliki pengabdian yang tinggi sebagai seorang guru/pengajar
2) Lulusan minimal S1 atau D4
3) Guru yang sedang aktif mengajar di forum pendidikan formal SD, SMP, Sekolah Menengan Atas dan Sederajat (SMK, Madrasah, dsj), serta SLB
4) Pelamar sudah mengajar lebih dari 5 tahun di forum pendidikan formal pada tanggal 1 April 2015
5) Semua bidang ditawarkan kecuali, PKN, Bahasa Indonesia, Bahasa Daerah, Bahasa Arab, Pendidikan Agama, dan Perhotelan
6) Usia di bawah 35 tahun pada tanggal 1 April 2015.
7) Sehat jasmani dan rohani (bagi pelamar perempuan tidak diperbolehkan dalam kondisi hamil dikala melamar maupun dikala keberangkatan)
8) Bersedia berguru bahasa Jepang alasannya bahasa pengantar di universitas ialah bahasa Jepang

Dokumen yang dibutuhkan (dokumen yang tidak lengkap dan yang tidak sesuai dengan ketentuan di bawah, tidak akan kami terima dan proses):
1) Formulir aplikasi, harus diisi dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang (Download formulir aplikasi di sini)
2) Pasfoto (harus ditempel pada formulir, ukuran foto lihat pada formulir aplikasi)
3) Fotokopi Ijasah pendidikan terakhir (harus dalam bahasa Inggris dan dilegalisir resmi/dicap berair orisinil dari perguruan tinggi tinggi pelamar)
4) Transkrip nilai (harus dalam bahasa Inggris dan dilegalisir resmi/dicap berair orisinil dari perguruan tinggi tinggi pelamar)
5) Surat keterangan dari kawasan mengajar yang menandakan bahwa pelamar ialah staf pengajar yang masih aktif mengajar dan disetujui mengikuti aktivitas beasiswa ini, Disertai keterangan masa mengajar (dari tanggal berapa hingga tanggal berapa), dan dicap berair orisinil oleh sekolah. Jika masa mengajar yang lebih dari 5 tahun terpisah dalam beberapa sekolah, lampirkan juga surat keterangan masa mengajar dari sekolah sebelumnya yang dicap berair orisinil dari sekolah sebelumnya tersebut, surat harus dibentuk dalam bahasa Inggris (misal surat keterangan dari kawasan mengajar, bisa didownload di sini)
6) Surat rekomendasi dari Kepala Sekolah terkena pribadi pelamar, harus diisi dalam bahasa Inggris (Download form surat rekomendasi di sini)
* Semua dokumen ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang, dibentuk masing-masing sebanyak 2 rangkap dan dibuat/diprint pada kertas ukuran A4


Teknik Pelamaran :
1) Pendaftaran beasiswa untuk guru tahun 2015 dalam bentuk Program Penataran Guru (Teacher Training Program) dibuka pada 8 Desember 2014 dan ditutup pada 8 Januari 2015.
2) Bagi pelamar, baik pegawai negeri maupun swasta sanggup pribadi menyerahkan/mengirimkan formulir yang sudah diisi ke Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang dengan dilampiri dokumen yang diperlukan.
3) Formulir registrasi yang sudah diisi beserta dokumen pemanis dikirimkan ke :
Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang
Jl. M. H. Thamrin 24 
Jakarta 10350
Dan selambat-lambatnya harus datang tanggal 8 Januari 2015. Mohon tuliskan isyarat “Teacher Training 2015” pada bab kanan atas amplop.
Bagi pelamar yang berstatus pegawai negeri tetap harus melapor dan menyerahkanfotokopi formulir kepada Biro Kerjasama Luar Negeri (BKLN), Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Tahap Penyeleksian beasiswa untuk guru tahun 2015 dalam bentuk Program Penataran Guru (Teacher Training Program):
1) Seleksi Berkas. Pengumuman hasil seleksi berkas akan ditampilkan di website Kedutaan Besar Jepang pada tanggal 3 Februari 2015.
2) Seleksi ujian tertulis ialah ujian bahasa Inggris (khusus untuk guru bahasa Jepang: ujian bahasa Jepang).
3) Bagi yang lulus seleksi ujian tertulis akan dipanggil untuk mengikuti wawancara di Jakarta.
4) Bagi yang lulus wawancara akan direkomendasikan ke Monbukagakusho.
5) Mereka yang lulus seleksi keseluruhan tamat di Monbukagakusho akan menjadi peserta beasiswa. Pengumuman final akan diumumkan pada bulan Agustus 2015.



misal Universitas & Bidang Study
Untuk pilihan universitas & bidang studi aktivitas teacher training, bisa dilihat di website diberikut.
Daerah Hokkaido hingga Chubu
(link : http://www.studyjapan.go.jp/pdf/toj2013/guide01en.pdf)
Daerah Kinki hingga Okinawa
(link : http://www.studyjapan.go.jp/pdf/toj2013/guide02en.pdf

Kontak :
Jika ada pertanyaan, bisa disampaikan melalui email ke beasiswa@dj.mofa.go.jp
Info selanjutnya hubungi:  http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_tt.html



Tag : Beasiswa
0 Komentar untuk "Beasiswa Untuk Guru Tahun 2015, Agenda Teacher Pembinaan 2015"

Back To Top