Daya Tampung Snmptn 2015 Sebanyak 152.000 Kursi

Ketua Umum SNMPTN 2015 Rochmat Wahap memberikan dari 63 Perguruan Tinggi Negeri yang memakai jalur SNMPTN 2015 disediakan 152.000 bangku bagi calon mahasiswa , setara 50 % dari total keseluruhan bangku Perguruan Tinggi Negeri yaitu 304.000 kursi, dengan rincian 124.450 bangku diisi oleh pendaftar SNMPTN, kemudian didiberikan peluang juga kepada calon mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang bisa melalui kegiatan bidik misi dan calon mahasiswa dari tempat terluar, terdepan, dan tertinggal (3T) sebanyak 27.225 kursi.


Sisa dari 50 % dari daya tampung calon mahasiswa gres Perguruan Tinggi Negeri dibagi menjadi dua, yaitu 30% melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan 20 % nya melalui jalur Ujian Mandiri (UM) pada setiap PTN. Pada proses penyeleksian SNMPTN 2015 masih sama dengan proses seleksi pada tahun lalu, spesialuntuk saja dilakukan beberapa berbaikan sistem.

Proses pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2015 dimulai hari ini, Kamis 22 Januari. Prosesnya dimulai dengan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Berdasarkan lembar gosip yang disampaikan oleh Panitia Pelaksana SNMPTN 2015 di Bali, seleksi ini dibuka untuk siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir pada 2015 yang mengikuti ujian nasional (UN).

“Selain itu, harus mempunyai nomor induk siswa nasional (NISN) dan terdaftar pada PDSS serta mempunyai nilai rapor semester I hingga V atau hingga semester VII bagi SMK/MAK empat tahun yang sudah diisikan pada PDSS,” ujar Pemmenolong Rektor Bidang Akademik (PR I) Universitas Diponegoro (Undip), Profesor Hertanto, ibarat dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Okezone, Kamis (22/1/2015).

Ia melanjutkan, penerima diperbolehkan menentukan terbaik dua perguruan tinggi negeri (PTN). melaluiataubersamaini ketentuan, jikalau menentukan dua PTN, maka salah satunya harus berasal dari provinsi yang sama dengan asal sekolah siswa. "Untuk pemilihan kegiatan studi (prodi), penerima sanggup menentukan terbaik tiga prodi dengan ketentuan satu Perguruan Tinggi Negeri terbaik dua prodi," ucapnya.

Hertanto melanjutkan, SNMPTN adalah seleksi nasional menurut penjaenteng prestasi akademis dengan memakai nilai rapor dan prestasi lainnya. 

“Pendaftar tidak dipungut biaya apa pun alias gratis,” ungkapnya. Selain itu SNMPTN 2015 juga menampung mahasiswa gres (maba) untuk setiap prodi paling sedikit 50 persen dari daya tampung. Adapun Jumlah Perguruan Tinggi Negeri yang mengikuti SNMPTN tahun ini sebanyak 63 PTN.

Mengenai pendaftaran, nantinya masing-masing sekolah dan siswa harus mengisi data terlebih lampau melalui PDSS di laman pdss.snmptn.ac.id yang kemudian akan diverifikasi. Sedangkan untuk registrasi prodi Perguruan Tinggi Negeri melalui laman web.snmptn.ac.id. jikalau sekolah mengalami kesusahan sanggup mengunjungi laman halo.snmptn.ac.id


Sumber: okezone.com dan pendidikan-diy.go.id


Tag : Berita
0 Komentar untuk "Daya Tampung Snmptn 2015 Sebanyak 152.000 Kursi"

Back To Top