Download Silabus Kurikulum 2013 Semua Mata Pelajaran Untuk Kelas 7, 8 Dan 9 Smp / Mts


Silabus ialah produk utama dari pengembangan kurikulum sebagai suatu rencana tertulis pada suatu satuan pendidikan yang harus mempunyai ke-terkaitan dengan produk pengembangan kurikulum lainnya, yaitu proses pembelajaran. Silabus sanggup dikatakan sebagai kurikulum ideal (ideal/potential curriculum), sedangkan proses pembelajaran ialah kurikulum kasatmata (actual/real curriculum).




Silabus juga ialah hasil atau produk pengembangan disain pembela-jaran, menyerupai Pola Dasar Kegiatan Belajar Mengajar (PDKBM) dan Garis-garis Besar Program Pembelajaran (GBPP). Dalam silabus tersebut memuat komponen-komponen minimal dari kurikulum satuan pendidikan. Untuk me-ngadakan pengkajian terhadap kurikulum yang sedang dilaksanakan pada su-atu satuan pendidikan, sanggup dilakukan melalui penelaahan silabus yang sudah dikembangkan dan diberlakukan. Dari pengkajian terhadap silabus sanggup mem-diberikan banyak sekali informasi, di antaranya sanggup dilihat apakah kurikulum sebagai suatu teori sudah diterjemahkan dengan baik. Melalui silabus sanggup dite-laah standar kompetensi dan kompetensi yang akan dicapai, materi yang akan dikembangkan, proses yang dibutuhkan terjadi, serta bagaimana cara mengu-kur keberhasilan belajar. Dari silabus juga akan tampak apakah relasi an-tara satu komponen dengan komponen lainnya serasi atau tidak. Karena itu kedudukan silabus dalam telaah kurikulum tingkat satuan pendidikan sa-ngatlah penting.

Silabus ialah salah satu tahapan dalam pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan, khususnya untuk menjawaban “apa yang harus dipelajari?”, juga ialah pembagian terstruktur mengenai lebih lanjut tentang pokok-pokok kegiatan dalam satu mata pelajaran yang diturunkan dari standar kompetensi dan kom-petensi dasar yang sudah diputuskan ke dalam rincian kegiatan dan taktik pembelajaran, kegiatan dan taktik penilaian, dan pengalokasian waktu.

Silabus intinya ialah kegiatan yang bersifat makro yang ha-rus dijabarkan lagi ke dalam program-program pembelajaran yang lebih rinci, yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Silabus ialah kegiatan yang dilaksanakan untuk jangka waktu yang cukup panjang (satu semester), menjadi pola dalam menyebarkan RPP yang ialah kegiatan untuk jangka waktu yang lebih singkat.

Silabus ialah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup beberapa aspek standar kompetensi, kompetensi da-sar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus ialah pembagian terstruktur mengenai standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajar-an, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk peni-laian.

Adapun manfaat Silabus, di antaranya: 1) Sebagai pedoman/acuan bagi pengembangan pembelajaran lebih lanjut, yaitu dalam penyusunan RPP, pengelolaan kegiatan pembelajaran, penye-diaan sumber belajar, dan pengembangan sistem penilaian. 2) Memdiberikan citra terkena pokok-pokok kegiatan yang akan dicapai dalam suatu mata pelajaran. 3) Sebagai ukuran dalam melaksanakan evaluasi keberhasilan suatu kegiatan pembelajaran. Dan 4) sebagai dokumentasi tertulis (witten document) sebagai akuntabilitas suatu kegiatan pembelajaran.


Berikut link Silabus Kurikulum 2013 tiruana mata pelajaran untuk Kelas 7, 8 dan 9 Sekolah Menengah Pertama / MTs






Terima kasih gampang-gampangan Silabus Kurikulum 2013 tiruana mata pelajaran untuk Kelas 7, 8 dan 9 Sekolah Menengah Pertama / MTs ini bermanfaa.


Tag : Silabus RPP
0 Komentar untuk "Download Silabus Kurikulum 2013 Semua Mata Pelajaran Untuk Kelas 7, 8 Dan 9 Smp / Mts"

Back To Top