Hindari Kekerasan, Ini Cara Guru Atasi Anak Nakal

Siswa terutama siswa Sekolah Menengah Pertama ialah sesorang yang berada pada masa perkembangan ke arah kedewasaan. Tahap perkembangan siswa tersebut di sekolah mulai dari aspek psikologis, fisik hingga memiki kemampuan menemukan hal-hal gres yang selama ini tidak bisa ditemukan di rumah. Namun seringkali ada belum dewasa bersikap tidak sesuai aturan, baik terhadap aturan di sekolah (tata tertib) maupun terhadap aturan yang berlaku di msyarakat.. Guru, baik itu guru mata pelajaran dan wali kelas serta guru BP mempunyai kewajiban meluruskan sikap anak nakal di sekolah maupun di masyarakat untuk mempersembahkan kesempurnaan pendidikan anak.




Hindari Kekerasan dalam Mengatasi Anak Nakal

Guru sedapat mungkin harus menghindari kekerasan, terutama tindakan kekerasan yang bisa meninggalkan bekas luka terhadap siswa yang bersangkutan. Jika hal tersebut terjadi maka tenaga pendidik yang bersangkutan akan terkena undang-undang Pasal 54 Undang-undang No. 23 Tahun 2001 wacana pertolongan Anak yang menyatakan : “Anak di dalam dan di lingkungan sekolah wajib dilindungi dari tindakan kekerasan yang dilakukan oleh guru, pengelola sekolah atau kawan-kawannya didalam sekolah yang bersangkutan, atau forum pendidikan lainnya.

Lakukan Pendekatan Secara Persuasive
Salah satu cara mengatasi huruf anak menyerupai itu dengan cara melaksanakan pendekatan secara persuasive yaitu dengan cara memperhatikan atau mempersembahkan sebuah perhatiaan khusus kepada anak yang bersangkutan.Tetapi perhatian yang di diberikan mestinya tidak tampak terlampau berlebihan oleh siswa lainnya. Terkadang kebadungan / kegaduhan yang mereka lakukan bersama-sama semata-mata spesialuntuk untuk mendapat perhatian dari kita . maka ada baiknya kita bercengkrama dengan mereka barang se menit saja untuk menawarkan perhatian kita dan mengetahui penyebab problem dari anak tersebut sehingga anak tersebut merasa diperhatikan dan kita bisa menemukan solusi dalam menangani anak tersebut.


Lalu gali penyebab kebadungnya, apa lantaran kurang mendapat perhatian di dalam keluarganya atau imbas lingkungan sekitar ia berada.Jika seorang guru sudah tahu latar belakang mengapa anak tersebut di dalam maupun di luar kelas badung, maka sangat memmenolong dalam mengatasinya kebadungan anak tersebut.

Ketahui Penyebab Kebadungannya
Untuk berusaha mengatasi anak nakal di sekolah, guru  haruslah memperhatikan penyebabnya terlebih lampau. Sebagai guru yang baik, anda tidak bisa eksklusif mempersembahkan eksekusi pada anak tersebut, lantaran belum dewasa umumnya ialah satu pribadi yang masih polos dan belum mengetahui apa arti nakal sebenarnya. Anak ialah satu insan yang masih melaksanakan sesuatu atas apa yang dilihat, didengar dan dirasakannya. Sehingga eksekusi bukanlah jawabanan atau solusi yang tepat untuk menghentikan kebadungannya.

Teknik ini sanggup dilakukan dengan dengan memperhatikan perilakunya di dalam kelas. Dalam hal ini, seorang guru harus benar-benar sabar ketika mengamati sikap menyimpang anak. Ketika ditemukan penyebab nakal anak, apakah sepenuhnya kesalahannya atau apakah memang anak tersebut yang memulai dilema dengan kawannya ialah pertanyaan yang harus terjawaban dari pengamatan tersebut. Sesudah jawabanan ditemukan, seorang guru sebaiknya mengajak bicara anak dengan hati-hati dan penuh kasih akung. Ajaklah beliau berbicara dalam suasana yang hangat, dan tidak cenderung mengintimidasinya. Tanyakan penyebab anak tersebut berbuat kebadungan. Penyebab kebadungan ini bisa terlahir dari dalam lingkungan keluarga yang secara tidak sengaja dicontoh, tayangan televisi dan lain-lain.

Sesi tanya-jawaban dengan anak kemudian disampaikan pada orang renta sebagaimana pengalihan tanggung tanggapan anak didiberikan pada seorang guru. Dalam hal ini, seorang guru hendaknya mempersembahkan himbauan pada orang renta biar apa yang dilihat, didengar dan dirasakan anak bersifat positif dan tidak mengarah pada kekerasan baik fisik maupun ucapan. Teknik mengatasi anak nakal ini harus disertai dengan menganjurkan mengoreksi diri sesama orang tua. Sehinga pendidikan di rumah maupun di sekolah anak menjadi aman dan efektif. Di dalam pembicaraan ini, sebaiknya guru mempersembahkan ajuan untuk tidak bersikap keras pada anak dengan menghukum atau membentaknya lantaran kebadungannya. Karena bisa saja akan mematikan aspek psikologisnya yang besar lengan berkuasa di masa depannya.


Ketahui Permasalahannya
Anak ialah insan yang paling peka dengan begitu polosnya menawarkan apa saja yang dirasa dan dipelajarinya. Dalam hal ini kurang peka dan perhatiannya orang renta sanggup menjadi penyebab kebadungan anak. Kebadungan anak di sekolah bisa ialah bentuk penyikapan anak dalam meminta perhatian lebih pada orang disekitarnya. Jika hal ini terjadi maka seorang guru sebaiknya mempersembahkan perhatian lebih pada anak lantaran guru ialah pengganti orang renta di sekolah. Teknik mengatasi anak nakal ialah dengan memperhatikan segala kebutuhan, mengingat namanya, menemaninya ketika merasa kesepian dan berbicara lembut padanya. Sesekali diberikan pelukan, gandeng tangannya, dan berbicara diselingi senyuman ketika menghadapinya.

Pastikan guru terus memantau setiap sikap anak nakal ini di dalam maupun luar lingkungan sekolah. Memang jikalau siswa berbuat naka di luar kelas bukan menjadi tanggung tanggapan dari pihak sekolah atau guru , tetapi harus juga di ingat jikalau seorang siswa berbuat nakal di luar kelas maka nama sekolah atau guru menjadi terbawa-bawa. Maka untuk menghindari hal tersebut yang perlu di perhatikan ialah harus adanya kerjasama guru dan orangtua siswa.Dan guru juga harus menjalin kerjasama dengan orangtua siswa dalam hal memonitor perkembangan pendidikan siswa yang bersangkutan.


Beri Tanggung Jawab
Terdapat cukup banyak faktor yang sanggup menimbulkan anak didik kita menjadi nakal di kelas. Salah satunya lantaran mereka tidak mempunyai sesuatu hal yang sanggup menyibukkan diri mereka. Oleh lantaran itu coba diberikan tanggung tanggapan seperti, menjadi ketua kelas, mencatat siswa yang nakal dikelas, atau hal-hal lain dalam batas-batas kewajaran



Ciptakan Kegiatan Pembelajaran Yang Kreatif dan Menarik
melaluiataubersamaini aktivitas pembelajaran yang menarikdanunik akan membuat anak didik yang nakal menjadi tertarik dan mengikuti pelajaran dengan antusias . lantaran cukup banyak siswa yang menunjukkan kebadungan di kelas / sekolah yang disebabkan pembelajaran yang membosankan dan kurang menarikdanunik bahkan mungkin tidak mengerti dengan apa yang dijelaskan oleh guru, maka kiprah guru yang baik  adalah untuk membuat KBM yang menarikdanunik dan aktif namun tetap sanggup membuat anak didik memahami bahan yang diajarkan sehingga antusiasme anak didik kita terhadap pelajaran kita tinggi .


SILAHKAN BACA INFO MENARIK LAINNYA


DOWNLOAD PMK NO 129 /PMK.01/2015 TENTANG TATA CARA PELAKSANAAN REKRUTMEN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LiNGKUNGAN KEMENTERIAN KEUANGAN  (Klik Disini)















ATURANBARU BERKENDARAAN: NGEBUT DI TOL MAKSIMAL 100 KM/JAM, DI JALAN BIASA MAKSIMAL80 KM/JAM, MELEBIH ATURAN DITILANG RP. 500 RIBU  (Klik Disini)

Demikian isu ini disampaikan semoga bermanfaa.

===================================================




= Baca Juga =



Tag : Berita
0 Komentar untuk "Hindari Kekerasan, Ini Cara Guru Atasi Anak Nakal"

Back To Top