Untuk mendorong dan memfasilitasi pengawas sekolah pendidikan menengah menuliskan dan mempublikasikan pengalaman terbaiknya dalam melakukan sub - sub unsur kegiatan di atas, maka diadakanlah acara penulisan pengalaman terbaik (best practice) pengawas sekolah dikmen (Pengawas SMA/SMK). Oleh karena itu diperlukan adanya Pedoman Lomba Penulisan Best Practice yang meliputi gosip perihal latar belakang, tujuan, manfaat, samasukan, mekanisme dan persyaratan dalam penulisan pengalaman terbaik pengawas sekolah dikmen dalam melakukan acara kepengawasan.
Tujuan penyusunan pemikiran lomba penulisan pengalaman terbaik (best practice) bagi pengawas sekolah dikmen (pengawas Sekolah Menengan Atas dan SMK) dalam melakukan acara kepengawasan (sub - sub unsur acara pengawas sekolah) yaitu untuk:
1. Menyediakan rambu- rambu bagi pengawas sekolah dikmen yang berkeinginan menuliskan pengalaman terbaiknya dalam melaksanakan acara kepengawasan (sub - sub unsur kegiatan pengawas sekolah),
2. Mengarahkan pengawas sekolah dalam menulis pengalaman terbaiknya, melakukan acara kepengawasan sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan, dan
3. Memmenolong pengawas sekolah dalam mengidentifikasi acara pengawasan sebagai materi penulisan pengalaman terbaiknya selama melaksanakan kiprah pengawasan.
Penulis atau penyaji yang lolos evaluasi tahap pertama akan memperoleh peluang mengikuti presentasi di tingkat nasional, sehingga sanggup mendengarkan dan berdiskusi ihwal pengalamaan terbaik dari pengawas sekolah dari banyak sekali da erah seluruh Indonesia. Penyaji terbaik pada kegiatan lomba Pengalaman Terbaik (Best Practice) tingkat nasional akan memperoleh hadiah yang berupa akta tingkat nasional dan penghargaan lainnya.
Adapun ketentuan menuliskan pengalaman terbaik dalam melakukan kegiatan kepengawasan yaitu sebagai diberikut :
1. Diketik terbaik 15 halaman A4 (penlampauan terbaik 3 halaman, best practice terbaik 7 halaman, rencana pengembangan terbaik 4 halaman, kesimpulan dan masukan 1 halaman), spasi 1,5, Huruf Arial ukuran 12 pt, tepi kiri 4 cm, k anan 3 cm, atas 3 cm, dan bawah 3 cm .
2. Naskah dijilid rapi dengan memakai soft cover berwarna Biru dan format sesuai dengan yang tersaji dalam lam piran. Semua lampiran, harus dijilid menjadi satu kesatuan dengan laporannya (tidak disajikan secara terpisah).
3. Kerangka Isi
• Bagian Awal terdiri dari halaman judul, lembaran persetujuan, kata pengantar, daftar isi, abnormal atau ringkasan, daftar tabel, daftar gambar, dan daftar lampiran (bila ada).
• Bagian Isi memuat: (a) penlampauan: mencakupkan ihwal latar belakang timbulnya masalah, pendekatan penyelesaian masalah, tujuan, dan manfaat; (b) langkah- langkah atau cara- cara dalam memecahkan dilema , termasuk kendala hambatan yang harus diatasi yang dituangkan secara rinci, dan (2) alat dan atau instrumen yang digunakan, daerah dan waktu serta forum yang menunjang pelaksanaan; (3) hasil yang dicapai; dan (4) selesai dan masukan.
• Bagian Penutup memuat daftar pustaka dan lampiran - lampiran ihwal tiruana data yang
dipakai untuk menunjang goresan pena ini.
Persyaratan Peserta
1. Peserta Penulisan ini adalah Pengawas Sekolah Pendidikan Menengah (SMA/SMK).
2. Penulisan laporan Best Practice dilakukan perorangan .
Kelengkapan yang harus dikirim kepada panitia :
1. Naskah tulisan sebanyak 2 (dua) eksemplar dan print -out power point untuk pemaparan .
2. Naskah sajian ( print - out) presentasi yang berupa ta yangan power point , dengan jumlah slide sekitar 1 0-20 buah, untuk presentasi disediakan waktu terbaik10 menit.
3. CD yang meliputi naskah lengka p dalam format MS. Word dan naskah presentasi dalam format MS. PowerPoint .
Pengiriman Naskah Tulisan Best Practice
1. Naskah yang sudah selesai (dan sudah menerima pengesahan) beserta CD- nya dikirimkan ke alamat diberikut:
PANITIA PENULISAN BEST PRACTICE PENGAWAS
Subdit Program dan Evaluasi
Direktorat Pembinaan PTK Pendidikan Menengah
Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah
Kemdikbud Gedung D Lantai 12
Jalan Jenderal Sudirman , Pintu 1 Senayan, Jakarta
2. Berkas laporan paling lambat sudah dikirim kepada panitia pada tanggal 29 Agustus 201 4 (cap pos).
3. Pengiriman dilakukan melalui pos atau jasa pengiriman lainnya dan dilakukan oleh pengawas yang bersangkutan, tidak melalui Dinas Pendidikan atau yang lain.
Bagi penerima yang lolos dalam Penilaian Tahap Pertama (Penilaian Dokumentasi) akan menpunyai peluang mengikuti presentasi tingkat nasional
Tag :
Lomba
0 Komentar untuk "Lomba Penulisan Best Practice Bagi Pengawas Sma Smk Tahun 2014"