Pengumuman Kelulusan Ujian Nasional Sma/Smk/Ma/Mak Tahun 2014

Kelulusan Ujian Nasional  (UN) 2014
Hasil Ujian Nasional (UN) SMA/SMK/MA/MAK tahun pelajaran 2014 sudah diumumkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh hari ini, Senin (19/05/2014). Tingkat kelulusan Sekolah Menengan Atas mencapai 99,52 persen, sedangkan tingkat kelulusan Sekolah Menengah kejuruan mencapai 99,90 persen. Mendikbud mengatakan, bagi siswa yang ditetapkan tidak lulus UN, sanggup mengikuti ujian Paket C untuk mendapat ijazah sehingga tetap sanggup meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi tinggi.

Sedangkan dukungan pengumuman kepada siswa penerima Ujian Nasional SMA/SMK/MA/MAK akan dilaksanakan pada tanggal 20 Mei 2014. Hal isi sesuai dengan peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Nomor 0022/P/BSNP/XI/2013 ihwal Prosedur Operasi Standar (POS) Penyelenggaraan Ujian Nasional SMP/MTs, SMP-LB, SMA/MA, SMA-LB, SMK/MA-Kejuruan, Serta Pendidikan Kesetaraan Program Paket B/Wustha, Program Paket C, dan Program Paket C Kejuruan Tahun Pelajaran 2013/2014, Pengumuman Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SMA/MA, SMA-LB, SMK/MA-Kejuruan, Serta Pendidikan Kesetaraan Program Paket C, dan Program Paket C Kejuruan Tahun Pelajaran 2013/2014 dilaksanakan pada 20 Mei 2014. 

Pada jumpa pers di Gedung Ki Hajar Dewantara Kemdikbud, Jakarta, (19/05/2014) menyerupai dirilis dalam website resmi Kemdikbud, Mendikbud menerangkan, dalam UN 2014, sebanyak 7.811 siswa Sekolah Menengan Atas dan 1.159 siswa Sekolah Menengah kejuruan ditetapkan tidak lulus. Namun beliau menyampaikan mereka tidak perlu berkecil hati, alasannya mereka sanggup mengikuti ujian Paket C yang akan berlangsung pada Agustus menhadir.

Lebih lanjut Mendikbud menyampaikan "Saya juga cukup murung dan prihatin, ada yang belum lulus. Tapi harus tetap semangat, alasannya masih sanggup ikut ujian Paket C periode ke-2 Agustus nanti. Semangatlah!" ungkapnya usai jumpa pers.

Siswa yang tidak lulus UN, jelasnya, memang tidak sanggup mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SBMPTN), yang ketika ini proses pendaftarannya sedang berlangsung. Namun ijazah hasil ujian Paket C tersebut sanggup dipakai untuk mendaftar dalam ujian berdikari yang diselenggarakan perguruan tinggi tinggi negeri, atau seleksi masuk di perguruan tinggi tinggi swasta. Ijazah Paket C juga sanggup dipakai untuk melamar pekerjaan yang mensyaratkan kualifikasi pendidikan lulusan SMA/SMK.


0 Komentar untuk "Pengumuman Kelulusan Ujian Nasional Sma/Smk/Ma/Mak Tahun 2014"

Back To Top