Sekolah Mesti Tahu Kartu Indonesia Pintar

Dalam rangka menjamin keberlanjutan pendidikan bawah umur dari keluarga kurang mampu, pada hari Senin tanggal 3 Nopember 2014 pemerintah meluncurkan aktivitas Indonesia Pintar di lima kantor pos di Jakarta, yakni Kantor Pos Pasar Baru, Kantor Pos Kebon Bawang, Kantor Pos Jalan Pemuda,  Kantor Pos Mampang, dan Kantor  Pos Fatmawati. Sebagai penggalan dari peluncuran tahap pertama, sebanyak 230 anak usia sekolah di DKI Jakarta akan mendapatkan aktivitas ini.

Program yang secara total menyasar 15,5 juta keluarga kurang bisa di seluruh Indonesia ini berbentuk pemdiberian uang tunai yang disalurkan melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP).  KIP  ini akan didiberikan kepada seluruh anak usia sekolah, yaitu 7 hingga 18 tahun dari keluarga kurang mampu, baik yang terdaftar maupun yang belum terdaftar di sekolah maupun madrasah. melaluiataubersamaini demikian pemerintah menjamin dan memastikan seluruh anak usia sekolah dari keluarga kurang bisa sanggup bersekolah hingga lulus SMA/SMK/MA.

Pada tahap pertama ini, pemerintah membagikan Kartu Indonesia Pintar kepada 157.943 anak usia sekolah dari keluarga kurang bisa tersebut semenjak bulan November hingga Desember 2014. Selanjutnya, secara sedikit demi sedikit cakupan penerima akan diperluas menjangkau masyarakat kurang mampu  yang mencapai 24 juta anak usia sekolah, termasuk anak usia sekolah Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial dan anak usia sekolah dari keluarga kurang bisa yang selama ini tidak dijamin.

Pada tahap lanjutan, KIP meliputi beberapa aspek pula anak usia sekolah yang tidak berada di sekolah menyerupai anak jalanan, pekerja anak,  di panti asuhan, dan  difabel. Selain berlaku di sekolah/madrasah, KIP berlaku juga di pesantren, sentra kegiatan berguru masyarakat dan Balai Latihan Kerja (BLK). Lebih jauh, KIP  mendorong mengikutsertakan anak usia sekolah yang belum terdaftar di satuan pendidikan untuk kembali bersekolah.

Segera sehabis diluncurkan di Jakarta, peluncuran tahap pertama tersebut akan dilanjutkan  di 19 Kabupaten/Kota, yaitu Jembrana, Pandeglang, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Cirebon, Kota Bekasi, Kuningan, Kota Semarang, Tegal, Banyuwangi, Kota Surabaya, Kota Balikpapan, Kota Kupang, Mamuju Utara, Kota Pematang Siantar dan Karo. Peluncuran tersebut diperkirakan akan simpulan pada pertengahan bulan Desember 2014

Tujuan dari aktivitas Indonesia Pintar ini ialah menghilangkan kendala ekonomi siswa untuk bersekolah sehingga mereka memperoleh akses pelayanan pendidikan yang layak, di tingkat dasar dan menengah. Program ini juga mencegah siswa dari kemungkinan putus sekolah tanggapan kesusahan ekonomi, menarikdanunik siswa putus sekolah supaya kembali bersekolah. Bukan itu saja, aktivitas ini juga memmenolong siswa memenuhi kebutuhan dalam kegiatan pembelajaran.  Lebih luas lagi, aktivitas Indonesia Pintar mendukung aktivitas Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 Tahun dan Pendidikan Menengah Universal/Wajib Belajar 12 Tahun

Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Thamrin Kasman menegaskan, kepala sekolah wajib mengetahui bahwa kartu indonesia akil (KIP) sudah diluncurkan. Karena dengan peluncuran ini, wajib bagi kepala sekolah untuk mendapatkan kalau ada siswa pemegang kartu ini yang mendaftar di sekolah tersebut.

Thamrin mengatakan, Kemendikbud akan segera membuat edaran bagi dinas dan sekolah wacana kartu ini. Isi edaran tersebut, kata Thamrin, bahwa tiruana pemegang KIP wajib diterima di sekolah dan berhak mendapatkan dananya. Meskipun dikala ini bukan lagi pertama tahun pelajaran, Thamrin memastikan siswa bisa mendaftar ke sekolah. "Sekarang sudah telat, tapi kalau kepala sekolah mau memasukkan mereka, bisa saja," katanya pada peluncuran KIP di Kantor Pos Pemuda, Jakarta Timur, Senin (3/11).

Thamrin menerangkan, dana KIP yang diterima siswa ialah biaya personal siswa. Dana tersebut pribadi didiberikan kepada siswa melalui penyalur. Saat ini salah satu bank yang ditunjuk sebagai penyalur ialah Bank Rakyat Indonesia (BRI). Ke depan, kata Thamrin, masih disusun prosedur bagi siswa yang belum mendapatkan KIP. "Jadi apakah mereka mengambil kartu dan uangnya ke bank penyalur atau di kantor pos," ucapnya.

Selain siswa yang berada di sekolah, KIP juga menjangkau penduduk usia sekolah namun tidak berada di sekolah, contohnya anak jalanan. Khusus bagi mereka ini, Thamrin menyampaikan pengaturannya sedang disusun. "Apakah yang luar sekolah itu kita kasih KIPnya terus nanti data masuk sekolah, dan dananya cair sehabis ia masuk sekolah, atau menyerupai apa, nanti kita atur," katanya.

Untuk mendapatkan manfaat KIP, Thamrin mengatakan, siswa tinggal menyampaikan kartu dan segera bisa mendapatkan uang sejumlah ketetapan. Uang tersebut ialah biaya personal bagi siswa yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Sementara itu, Dirjen Pendidikan Dasar Hamid Muhammad mengatakan, untuk mendapatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP), keluarga yang kurang bisa menukarkan Kartu Perlindungan Sosial (KPS) dengan Kartu Keluarga Sejahtera  (KKS) di kantor pos. Nanti di kantor pos mendapatkan sepaket KKS, KIP, Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan satu buah simcard handphone meliputi nomor ponsel sebagai rekening menyimpan dana menolongan. "Anak pemegang KIP dapat  mencairkan dana di bank atau kantor pos yang  sudah  diputuskan dengan menyampaikan kartu KIP. Kalau anaknya mendapatkan KIP niscaya orangtuanya mendapatkan KKS sebab sepaket,"kata Hamid, Selasa, (4/11).


Sumber: http://www.kemdikbud.go.id/


Tag : Berita
0 Komentar untuk "Sekolah Mesti Tahu Kartu Indonesia Pintar"

Back To Top