Donwload Permendikbud Nomor 53 Tahun 2015

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah menerbitkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2015 wacana Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Permendikbud No 53 Tahun 2015 ini ialah revisi terhadap Permendikbud No 104 Tahun 2014 wacana Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah

Lahirnya Permendikbud Nomor 53 Tahun 2015 ini dilatarbelakangi banyak sekali kesusahan guru dalam menyebarkan evaluasi dalam pelaksanaan Kurikulum 2013.. Permendikbud No 53 Tahun 2015 ini lahir guna memmenolong guru dalam merencanakan dan melakukan evaluasi proses dan hasil berguru siswa bagi sekolah-sekolah yang menerapkan Kurikulum 2013.




Selanjutnya untuk mengimplemntasikan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2015 wacana Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah ini, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah melalui Direktorat terkait, bersama Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) dan Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk), sudah menerbitkan buku Panduan Penilaian untuk Sekolah Menengah Atas (SMA); Panduan Penilaian untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK); Panduan Penilaian untuk SMP (SMP); dan Panduan Penilaian untuk SD (SD). Buku Panduan Penilaian ini diperlukan sanggup memfasilitasi guru dan sekolah dalam menyebarkan evaluasi proses hasil berguru siswa yang sejalan dengan tuntutan Kurikulum 2013.

Dalam Buku Panduan Penilaian menurut Permendikbud Nomor 53 Tahun 2015 yang diimplementasikan bagi sekolah yang sudah menerapkan Kurikulum 2013 ini disajikan perihal konsep, metode dan mekanisme penilaian, baik untuk evaluasi sikap, evaluasi pengetahuan maupun evaluasi keterampilan, disertai dengan beberapa contoh format penilaiannya. Di samping itu, dijelaskan pula perihal teknis pelaksanaan penilaian, pengolahan hasil penilaian dan memanfaatkan hasil penilaian, termasuk di dalamnya disajikan contoh Format Rapor dan Teknik Pengisiannya.

Salah satu perbedaan yang Juknis Penilaian bagi sekolah yang memakai Kurikulum 2013 berdasarakan Permendikbud Nomor 53 Tahun 2015 dibanding Permendikbud No 104 Tahun 2014 wacana Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah ialah bahwa dalam evaluasi pembelajaran untuk jenjang SD hingga dengan SLTA kembali dipakai nilai dengan rentang 0 – 100 dengan intreprstasi, sebagai diberikut:
Sangat Baik (A) : 86-100
Baik (B) : 71-85
Cukup (C) : 56-70
Kurang (D) : ≤ 55

Selengkapnya terkait Juknis evaluasi yang gres bagi sekolah yang memakai Kurikulum 2013 menurut Permendikbud Nomor 53 Tahun 2015 silahkan download Buku Panduan Penilaian dengan  mengklik tautan di bawah ini:





Bagi Anda yang akan mendonwload Permendikbud Nomor 53 Tahun 2015 silahkan link downloaddi bawah ini.



Demikian gosip ini disampaikan agar bermanfaa.

===================================================


= Baca Juga =



Tag : Permendikbud
0 Komentar untuk "Donwload Permendikbud Nomor 53 Tahun 2015"

Back To Top