Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2016


Pengertian Imsak atau IMSAKIYAH berasal dari bahasa Arab yaitu amsaka yumsiku imsak yang berarti menahan. Jadi, dari pengertian Imsak atau IMSAKIYAH sama dengan menahan, berarti waktu imsak ialah waktu dimulainya untuk menahan segala hal yang membatalkan puasa. Tetapi, di ketika imsak masih diperbolehkan untuk makan dan minum, selama belum memasuki waktu subuh. Sayangnya, secara istilah yang umum dipahami terkena pengertian imsak ialah ketika seseorang harus memulai untuk berhenti makan sahur semoga tidak terlewat hingga masuk subuh. Pengertian tersebut kuranglah tepat.

Kata Imsak atau Imsakiyah dengan demikian bergotong-royong memiliki arti menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa dari waktu Subuh hingga waktu Maghrib. melaluiataubersamaini demikian sebelum waktu adzan Subuh dikumandangkan, umat muslim masih diperbolehkan untuk makan dan minum. Tapi dilarang lewat dari waktu Subuh.

Jadi, ketika Anda bangkit untuk makan sahur tapi waktu sudah sangat akrab dengan waktu adzan subuh, dan radio, masjid, serta televisi sudah menyatakan imsak, tidak usah khawatir. Karena bergotong-royong Anda masih punya waktu 10 menit lagi untuk makan sahur. Manfaatkanlah waktu itu dengan makan dan minum.


Pergunakanlah sebelum adzan subuh untuk makan sahur semoga puasa di siang hari Anda tidak akan terasa berat. Sabda Rasulullah SAW, “Senantiasalah umatku berada dalam kebaikan (Puasa) selama mereka menyegerakan berbuka dan melambatkan sahur.” (HR. Imam Ahmad dari Abu Zarr ra)




Batas mulai puasa bukan masuknya waktu imsak atau Imsyakiah, tetapi yang benar masuknya waktu subuh. sepertiyang firman Allah Swt di dalam Al-Quran:

وَكُلُواْ وَاشْرَبُواْ حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ ثُمَّ أَتِمُّواْ الصِّيَامَ إِلَى الَّليْلِ وَلاَ تُبَاشِرُوهُنَّ وَأَنتُمْ عَاكِفُونَ فِي الْمَسَاجِدِ تِلْكَ حُدُودُ اللّهِ فَلاَ تَقْرَبُوهَا كَذَلِكَ يُبَيِّنُ اللّهُ آيَاتِهِ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ

Maka kini campurilah mereka dan carilah apa yang sudah diputuskan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu hingga (hadir) malam, (tetapi) tidakbolehlah engkau campuri mereka itu, sedang engkau diberi`tikaf dalam masjid. Itulah larangan Allah, maka tidakbolehlah engkau mendekatinya. Demikianlah Allah mengambarkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa.” (QS Al-Baqarah: 187)
Sehingga jelaslah sesuai pengertian imsak ini, asalkan belum masuk waktu shubuh, kita masih boleh makan, minum dan melaksanakan hal-hal lainnya. Tidak ada ketentuan kita sudah harus imsak sebelum masuknya waktu shubuh. Sebab batas mulai puasa itu bukan semenjak ‘imsak’, melainkan semenjak masuknya waktu shubuh.

Lalu bagaimana ketika kita hendak berpuasa tetapi waktunya sangat mepet dan sudah memasuki pertama imsak? Sesuai dengan pengertian imsak di atas, kalau kita bangkit untuk makan sahur tapi waktu sudah sangat akrab dengan waktu adzan subuh baik radio, masjid, serta televisi sudah menyatakan imsak, tidak usah khawatir. Karena bergotong-royong kita masih punya waktu 10-15 menit lagi untuk makan sahur. Manfaatkanlah waktu itu dengan makan dan minum secukupnya. Pergunakanlah 10 menit itu untuk makan sahur semoga puasa di siang hari tidak akan terasa berat.

Diriwayatkan oleh Ahmad dalam musnadnya, bahwasannya Nabi saw. bersabda, “Ummatku senantiasa dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka dan melambatkan sahur,” (H.R. Imam Ahmad dari Abu Zarr r.a.).

Ketentuan waktu Imsak atau Imsakiyah sebagai ihtiyath (kehati-hatian) ini didasarkan hadis Rasul yang diriwayatkan dari Sayyidina Anas: Sayyidina Zaid bin Tsabit r.a. berkata, “Kami sudah makan sahur bantu-membantu Junjungan Nabi Saw., kemudian baginda bangkit mengerjakan salat. Sayyidina Anas bertanya kepada Sayyidina Zaid, ‘Berapa lamanya antara azan (Subuh) dengan waktu makan sahur itu?’ Dia menjawaban, ‘Sepadan dengan waktu yang diharapkan untuk  membaca 50 ayat.’”
Hadis ini mengatakan bahwa jarak atau interval waktu antara bersahurnya Rasul saw. dan azan Subuh ialah kira-kira 50 ayat. Itu artinya Rasul saw. tidak lagi makan sahur hingga berkumandangnya azan subuh. Pada redaksional hadis disebutkan secara terang bahwa Rasul saw. bersahur dan berhenti kira-kira waktu yang diharapkan untuk membaca 50 ayat Alquran sebelum masuk waktu subuh. INI yang dipahami oleh para ulama kita, sehingga tetapkan sunnah diberimsak sekitar waktu yang diharapkan untuk pembaca 50 ayat Alquran tersebut yang diperkirakan setara dengan 10–15 menit.


Berikut ini adalah jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan Tahun 2016 dan waktu berbuka puasa bulan mulia beberapa kota besar di Indonesia. Jadwal Imsak atau Imsakiyah Puasa Ramadhan 2016 M atau tahun 1427 H Beberapa Kota Besar di Indonesia dimulai tanggal 1 Ramadhan 1437 Hijriah hingga selesai Ramadhan 1437H. Adapun penetapan tanggal 1 Ramdahan 1437 H atau 2016 M  menunggu penetapan resmi dari Kementerian Agama Republik Indonesia






Berikut ini Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan tahun 2016 M atau tahun 1437 H untuk Seluruh Kota Besar di Indonesia (Silahkan Anda pilih kota daerah tinggal Anda, dengan mengkilik Tanda Segitiga.


Berikut ini Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan tahun 2016 M atau tahun 1437 H untuk Seluruh  Kota Besar di Indonesia (Silahkan Anda Pilih)



Berikut ini Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan tahun 2016 M atau tahun 1437 H untuk DKI Jakarta dan sekitarnya



Berikut ini Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan tahun 2016 M atau tahun 1437 H untuk Serang Banten dan sekitarnya



Berikut ini Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan tahun 2016 M atau tahun 1437 H untuk Bandung Jawa Barat dan sekitarnya



Berikut ini Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan tahun 2016 M atau tahun 1437 H untuk Bogor Jawa Barat dan sekitarnya



Berikut ini Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan tahun 2016 M atau tahun 1437 H untuk Semarang  Jawa Tengah dan sekitarnya




Berikut ini Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan tahun 2016 M atau tahun 1437 H untuk Surakarta Jawa Tengah dan sekitarnya



Berikut ini Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan tahun 2016 M atau tahun 1437 H untuk Yogyakarta dan sekitarnya




Berikut ini Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan tahun 2016 M atau tahun 1437 H untuk Surabaya Jawa Timur dan sekitarnya



Berikut ini Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan tahun 2016 M atau tahun 1437 H untuk Denpasar Bali dan sekitarnya




Berikut ini Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan tahun 2016 M atau tahun 1437 H untuk Banda Aceh dan sekitarnya



Berikut ini Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan tahun 2016 M atau tahun 1437 H untuk Bangka dan sekitarnya




Berikut ini Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan tahun 2016 M atau tahun 1437 H untuk Kota Lainnya  Silahkan Pilih dengan mengkilik Tanda Segitiga. .








Tag : lainnya
0 Komentar untuk "Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2016"

Back To Top