Pemerintah Swedia Tawarkan Beasiswa Strata 2 (S2) Registrasi Mulai Desember 2016 Sampai Januari 2017

Pemerintah Swedia melalui Swedish Institute Study Scholarship (SISS) memperlihatkan beasiswa jenjang pendidikan strata dua (S-2) bagi pelajar asal Indonesia.

"SISS memperlihatkan beasiswa studi banyak sekali universitas di Swedia, baik untuk aktivitas setahun maupun dua tahun," kata Educational Consultant dari Nordic Student Service Titi Holmgren di Semarang, Senin.




Hal tersebut diungkapkannya dalam aktivitas "Info Session Study in Sweden" di kampus Universitas Diponegoro, Semarang.

Selain beasiswa pendidikan, Titi menyampaikan bahwa SISS juga menyediakan biaya hidup sebesar 9.000 Krona Swedia per bulan serta "travel grant" untuk biaya pulang ke Indonesia.

"Pendaftaran beasiswa SISS akan dibuka mulai bulan Desember 2016 hingga Januari 2017 hampir bersamaan dengan masa pendaftaran aktivitas studi universitas di Swedia yang buka semenjak Oktober tahun ini hingga Januari 2017," katanya.

Salah satu syarat untuk mendapat beasiswa SISS, kata dia, calon akseptor harus mempunyai kemampuan berbahasa Inggris yang dibuktikan dengan akta IELTS bernilai minimal 6,5. 

"Selain kemampuan berbahasa Inggris, pengalaman kerja selama 2.800 jam atau sekitar dua tahun juga menjadi salah satu syarat wajib," kata Titi.

Ia menyarankan biar mahasiswa yang berniat mendaftar beasiswa SISS aktif dalam banyak sekali organisasi maupun kegiatan sukarela alasannya keterlibatan pelajar dalam hal-hal ibarat itu juga bisa diakumulasi sebagai pengalaman kerja.

"Berbeda dengan sejumlah beasiswa lain, SISS tidak memilih batasan usia. Di samping itu, SISS juga mempersembahkan peluang pada pelajar yang belum beruntung di tahun sebelumnya untuk terus mendaftar kembali," kata Titi. 

Swedia sebagai salah satu negara maju yang menyediakan investasi cukup tinggi di bidang pendidikan dan penelitian, lanjut dia, kualitas universitas di negara itu hampir tiruananya elok alasannya seluruhnya berada di bawah pengawasan sistem pemerintah.

Titi yang pernah mengenyam pendidikan di Swedia juga mengungkapkan bahwa masyarakat di sana sangat toleran dan menghargai perbedaan sehingga pelajar Indonesia khususnya mahasiswa muslim tidak perlu khawatir.


"Penduduk di sana toleran dengan perempuan berjilbab. Selain itu banyak imigran dari Timur Tengah yang menjual makanan halal bagi kaum muslim. Dalam hal diberibadah, kota Stockholm juga mempunyai masjid besar," kata Titi. (Antara)


Tag : Beasiswa
0 Komentar untuk "Pemerintah Swedia Tawarkan Beasiswa Strata 2 (S2) Registrasi Mulai Desember 2016 Sampai Januari 2017"

Back To Top