Ayo Ikut Lomba Mobile Edukasi 2015

Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan (BPMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mempunyai kiprah Melakukan pengkajian dan pengembangan model multimedia pendidikan. Berhubungan dengan kiprah dan fungsi BPMP untuk berbagi model multimedia pendidikan serta jangkauan wilayah kerja secara nasional, maka BPMP perlu untuk mempublikasikan keberadaannya supaya dikenal oleh masyarakat luas yang berkecimpung dalam dunia pendidikan. Terlebih supaya programprogram yang sudah dilaksanakan beserta produkproduknya sanggup secara pribadi dikenal dan dinikmati oleh sekolah maupun seluruh stakeholder pendidikan. Untuk memperbanyak dan mengenalkan model multimedia ke seluruh indonesia BPMP akan melaksanakan Lomba Mobile Edukasi dengan total keseluruhan hadiah yang disediakan untuk tiruana kategori lebih dari Rp. 400.000.000.



Tujuan Lomba Mobile Edukasi 2015 :
  • Memotivasi masyarakat untuk berbagi materi mencar ilmu interaktif melalui perangkat handphone.
  • Memotivasi siswa sekolah akan pentingnya materi didik /media pembelajaran berbasis TIK sebagai penunjang proses pembelajaran, khususnya mobile edukasi.
  • Membentuk budaya pembelajaran yang inovatif dan kreatif bagi seluruh siswa sekolah melalui materi ajar/media pembelajaran berbasis TIK, khususnya mobile edukasi.
  • Memperkaya konten pendidikan di internet.
  • Diharapkan dari kegiatan ini BPMP beserta program-programnya sanggup dikenal dan dirasakan secara pribadi keuntungannya oleh seluruh masyarakat pendidikan di Indonesia.
Apa itu Mobile Edukasi atau mobile learing. Program mobile learing ialah salah satu model pembelajaran multimedia yang dikembangkan oleh BPMP. Keunikan dari model ini yaitu memakai alat (device) handphone, dimana sudah cukup banyak masyarakat memakai atau memanfaatkannya sebagai alat komunikasi. Namun BPMP mencoba untuk memanfaatkan handphone sebagai alat untuk mencar ilmu bagi siswa, guru maupun masyarakat secara umum.

Untuk mempopulerkan aktivitas mobile learning yang dikembangkan oleh BPMP, maka BPMP mengajak masyarakat khususnya pelajar, guru dan umum untuk berperan serta berbagi materi didik multimedia berbasis mobile learning, dalam bentuk Lomba. Lomba tersebut berjulukan “Lomba Mobile Edukasi 2015” dengan tiga kategori, yakni kategori pelajar, guru dan umum.

Lomba Mobile Edukasi yaitu lomba pembuatan media pembelajaran berbasis device mobile dengan karya berupa aplikasi atau konten pembelajaran yang dijalankan pada handphone, smartphone atau tablet.

Samasukan dalam kegiatan ini yaitu pengembang mobile learning baik siswa, guru maupun khalayak umum. Selain itu produk hasil lomba sanggup dimanfaatkan oleh seluruh manusia pendidikan dari seluruh jenjang. Adapun sasaran yang hendak di raih yaitu 120 konten yang diupload ke http://medukasi.kemdikbud.go.id.

Pelaksanaan Lomba Mobile Edukasi 2015
Pelaksanaan kegiatan lomba ini dibagi dalam 5 tahapan, yaitu:
  • Tahap Sosialisasi/Publikasi
  • Tahap Pendaftaran/Pengumpulan Karya
  • Tahap Seleksi Karya
  • Tahap Grand Final
  • Tahap Penyerahan hadiah.
  • Waktu dan Tempat Pendaftaran

Pendaftaran dilaksanakan mulai tanggal 1 April 2015 hingga Selasa, 1 September 2015 secara online.

Hadiah untuk Pemenang Kategori Pelajar
  • Juara 1 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 12.000.000,-
  • Juara 2 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 9.000.000,-
  • Juara 3 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 7.500.000,-
  • Terbaik 4-40 : Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 2.500.000,-
Hadiah untuk Pemenang Kategori Guru
  • Juara 1 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 14.000.000,-
  • Juara 2 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 12.000.000,-
  • Juara 3 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 10.000.000,-
  • Terbaik 4-40 : Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 3.000.000,-
Hadiah untuk Pemenang Kategori Umum
  • Juara 1 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 14.000.000,-
  • Juara 2 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 12.000.000,-
  • Juara 3 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 10.000.000,-
  • Terbaik 4-40 : Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 3.000.000,-
Rincian Kegiatan
Sesudah kegiatan sosialisasi selesai, dilanjutkan dengan penentuan waktu pengiriman hasil karya lomba bagi peserta. Waktu pengiriman hasil karya lomba bagi peserta ditentukan selama 5 bulan. Pendaftaran dan pengumpulan karya yang bertujuan untuk menjaring karya peserta dari banyak sekali tempat di Indonesia. Pendaftaran dilakukan secara online, peserta lomba wajib mendaftar secara resmi di website lomba di http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/lomba.

Langkah-langkah Pendaftaran
  • Kunjungi web http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/lomba
  • Daftar menjadi peserta lomba.
  • Nama user peserta yaitu alamat email yang didaftarkan
  • melaluiataubersamaini menjadi peserta sanggup memperbaiki/melengkapi biodata dan mengupload/merefisi karya yang di ajukan.

Persyaratan Peserta :
  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Kategori Pelajar : SMP, SMA/SMK atau sederajat (saat grandfinal masih berstatus pelajar dengan menunjukkan bukti yang syah)
  • Kategori Guru : guru segala jenjang (saat grandfinal masih berstatus guru dengan menunjukkan surat keterangan dari kepala sekolah).
  • Kategori Umum : mahasiswa atau masyarakat umum.
  • Karakteristik Peserta
  • Bersifat perorangan
  • Bersifat kelompok terbaik 3 orang (panitia spesialuntuk menanggung biaya kemudahan spesialuntuk 1 orang ketika presentasi di babak final)
Peserta yang pernah menjadi Juara 1 lomba Mobile Edukasi tidak akan menjadi finalis lomba, tetapi sanggup menjadi kontributor konten.

Persyaratan Karya :
  • Karya yaitu orisinil dalam wangsit dan kreasi yang sanggup dibuktikan dalam penjurian.
  • Karya berupa aktivitas Aplikasi mobile yang sanggup memperkaya konten di website m-edukasi (proses instalasi tidak melibatkan website pihak ketiga/app store).
  • Aplikasi Mobile yang dimaksud yaitu aplikasi yang dijalankan pada perangkat handphone, smartphone atau tablet. boleh dikembangkan dengan platform apa saja (Misal : flash, flashlite, java, android atau apapun software pengembangnya).
  • Didalam aktivitas mencantumkan splash screen dengan standar yang sudah ditentukan panitia (didownload di website lomba).
  • Materi bebas tetapi dilarang sama dengan yang pernah di sajikan dalam m-edukasi.kemdikbud.go.id (lihat daftar).
  • Disajikan dengan memakai Bahasa Indonesia yang baik dan benar , kecuali mata pelajaran bahasa asing.
  • Peserta yang masuk tamat 15 besar per kategori, menyertakan SourceCode atau ReSource ketika presentasi di Grandfinal.
  • Karya yang dilombakan belum pernah dipublikasikan dan/atau menjadi juara.
  • Syarat utama karya yaitu "Karya berupa aplikasi/konten pembelajaran yang dijalankan pada handphone/tablet".
Ketentuan Umum
  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Peserta diwajibkan aktif mengikuti diberita/informasi dari panitia lomba melalui website, email dan media umum resmi lomba.
  • Panitia tidak mendapatkan komplain keterlambatan dikarenakan peserta tidak mengikuti diberita/informasi dari panitia lomba.
  • Karya lomba yang diikutsertakan bersedia untuk diupload di web resmi Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan http://m-edukasi.kemdikbud.go.id supaya sanggup dimanfaatkan oleh seluruh manusia pendidikan.
  • Panitia berhak membatalkan kepesertaan calon peserta bila peserta atau karya tidak sesuai dengan ketentuan yang sudah diputuskan.
  • Keputusan panitia dan/atau juri tidak sanggup diganggu gugat.


Sumber: http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/lomba/indexweb.php


SILAHKAN BACA INFO MENARIK LAINNYA


DOWNLOAD PMK NO 129 /PMK.01/2015 TENTANG TATA CARA PELAKSANAAN REKRUTMEN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LiNGKUNGAN KEMENTERIAN KEUANGAN  (Klik Disini)















Demikian informasi ini disampaikan semoga bermanfaa.

===================================================



= Baca Juga =



Tag : Lomba
0 Komentar untuk "Ayo Ikut Lomba Mobile Edukasi 2015"

Back To Top