Bentuk Soal Un 2015 Masih Tetap Pilihan Ganda

Terkait gosip wacana Tak Digunakan Lagi Plihan Ganda dalam Soal UN 2015 atau Ujian Nasional 2015, ROL (Republika Online) pada hari Selasa tanggal 27 Januari 2015 sudah merilis konfirmasi Kepala Pusat Pendidikan (Puspendik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Prof Nizam yang menyatakan bahwa pelaksanaan UN 2015 atau Ujian Nasional 2015 masih tetap memakai Pilihan Ganda (multiple choice). Adapun rencana pelaksanaan Ujian Nasional (UN) dalam bentuk essai akan dilaksanakan ketika sekolah sudah berbasis komputer. Jadi, tidak dilaksanakan pada pelaksanaan UN tahun ini.

"Jawaban Ujian Nasional yang tidak lagi multiple choice akan diterapkan kedepannya dan bukan ketika ini. Akan diberlakukan ketika sekolah sudah berbasis komputer," ungkapnya kepada Republika, Selasa (27/1).

Ia menekankan, pada tahun ini bentuk jawabanan UN masih dalam bentukmultiple choice dan lembar jawabanan. Meskipun begitu, pada tahun ini Kemendikbud tengah mempersiapkan uji coba aktivitas ini di ratusan sekolah yang tersebar di Indonesia.

Program UN yang menuliskan eksklusif jawabannnya itu disebut denganComputer Based Test (CBT) menyerupai halnya ujian CPNS yang memakai CAT. Ia menerangkan, terdapat sekitar 500 sekolah-sekolah yang akan menjadi pilot project program UN CBT itu.

"Saat ini kami tengah melaksanakan verifikasi sekolah-sekolah mana saja yang akan menjadi daerah percobaan UN CBT. Kriteria sekolah yang akan kami tunjuk yaitu sekolah yang mempunyai akomodasi pendukung dan sudah bagus," lanjutnya.

Bentuk tes kemampuan dan pemahaman itu akan menyerupai pelaksanaan Try Out by Computer. Para siswa akan melaksanakan uji coba secara eksklusif di depan computer dan menuntaskan soal-soal yang ada dengan kapasitas waktu yang sudah diputuskan.

Mengingat, ketika ini perkembangan zaman sudah sangat modern dan diperlukan ketika ujian kedepannya Indonesia tidak lagi memakai kertas, melainkan dengan teknologi.

Guna menuju cita-cita besar itu, ia melanjutkan, ketika ini Kemendikbud tengah mengulas dan menganalisa tiruana persiapan untuk sekolah-sekolah yang berlokasi di wilayah terluar, tertinggal dan terpencil.

"Soal UN tahun 2015 masih sama dengan yang diterapkan tahun lalu. untuk siswa lainnya sanggup mencoba aktivitas CBT ini melalui Try Out Online yang tersedia di website resmi Puspendik, Kemendikbud," katanya menegaskan. 




0 Komentar untuk "Bentuk Soal Un 2015 Masih Tetap Pilihan Ganda"

Back To Top