Lomba Penelitian Ilmiah Sampaumur Lpir 2015 Tingkat Smp

Lomba Penelitian Ilmiah Remaja atau LPIR 2015 Tingkat SMP yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama ,Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ialah suatu ajang kompetisi karya ilmiah yang berbasis acara penelitian para Remaja Sekolah Menengah Pertama yang tergabung dalam Kelompok Ilmiah Remaja (KIR). Kegiatan LPIR ini ialah salah satu upaya mempersembahkan ruang para Siswa dalam KIR, Guru dan Sekolah berperan serta terhadap perkembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni (IPTEKS)


Adapun Ruang lingkup LPIR 2015 mencakup beberapa aspek tiga bidang keilmuan, yaitu;
1. Ilmu Pengetahuan Sosial Kemanusiaan dan Seni.
2. Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan
3. Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa
Tema Lomba Penelitian Ilmiah Remaja atau LPIR 2015 Tingkat SMP yaitu “Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Remaja melalui Penelitian Ilmiah”. Adapun Sub Tema : ”Memanfaatkan Sumber Daya yang tersedia di lingkungan sekitar Guna Menumbuhkembangkan Inovasi, Invensi , dan Daya Cipta Remaja di Sekolah”.

Persyaratan penerima LPIR 2015 yaitu sebagai diberikut;
1. Berkewargguagaraan Indonesia.
2. Terdaftar dan aktif sebagai siswa Sekolah Menengah Pertama negeri dan swasta.
3. Berkelompok terbaik 3 siswa setiap Topik Penelitian yang dipilih.
4. Hasil Penelitian belum pernah dilombakan pada lomba lain tingkat nasional.
5. Peserta baik perorangan maupun kelompok belum pernah menjadi juara satu pada bidang yang dilombakan di LPIR tingkat Sekolah Menengah Pertama yang diselenggarakan Kemendikbud.

Ketentuan Lomba
1. Lomba Penelitian Ilmiah Remaja atau LPIR 2015 Tingkat SMP dibuka semenjak bulan Januari 2015. Semua karya tulis dan karya cipta sudah diterima oleh panitia selambat-lambatnya selesai September 2015, (kecuali ada pemdiberitahuan yang memilih lain).
2. Peserta Lomba yaitu siswa KIR yang masih terdaftar di Sekolah Menengah Pertama negeri atau swasta di seluruh Indonesia yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kepala sekolah.
3. Khusus bagi penerima kelompok yang terpilih sebagai finalis, spesialuntuk seorang (Team Leader) yang berhak mewakili kelompoknya untuk mempresentasikan hasil penelitian yang diperlombakan. Nama urutan pertama dalam kelompok yaitu sebagai penulis utama yang mewakili kelompok. Peneliti Utama boleh diwakili oleh anggota kelompoknya ketika tes/wawancara di depan dewan juri dengan syarat harus mengatakan surat kuasa dari peneliti utama yang disetujui kepala sekolah dan orang renta peneliti utama
4. Peserta lomba diwajibkan melampirkan riwayat hidup, ditulis tangan atau diketik dan diketahui oleh kepala sekolah. Dalam daftar riwayat hidup semoga dicantumkan alamat sekolah (kab/kota dan provinsi), beserta no. telp/fax/email yang praktis dihubungi.
5. Karya Ilmiah yang dikirimkan harus asli, ditambah tiga rangkap salinan/fotocopy.
6. Karya ilmiah yang dilombakan sanggup disebarluaskan oleh panitia melalui media massa dengan mencantumkan nama penelitinya sebagai sumber data.
7. Karya ilmiah yang dilombakan dikirimkan kepada alamat:
Panitia Pusat
Panitia LPIR Sekolah Menengah Pertama Tahun 2015
Direktorat Pembinaan SMP
Ditjen Pendidikan Dasar, Kemendikbud
Gedung E Kemdikbud Lantai 17
Jln. Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta 10270
Telepon (021) - 5725683 Fax. – 57900459
Naskah diterima panitia paling lambat selesai September 2015
8. Peneliti yang terpilih sebagai finalis akan diundang pada bulan Oktober 2015 untuk mengikuti tes wawancara/presentasi di depan dewan juri.
9. Para finalis diwajibkan membawa pas foto berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 3 lembar, fotocopy kartu pelajar, dan surat keterangan dari kepala sekolah.
10. Para finalis diwajibkan membawa materi sebagai materi presentasi (soft copy) atau prototipe/alat peraga hasil ciptaan, untuk dipresentasikan dihadapan dewan juri. Pada ketika presentasi, alat tersebut harus sanggup dioperasikan sesuai dengan fungsinya.
11. Para finalis yang tidak hadir dalam tes wawancara/ presentasi ditetapkan gugur sebagai finalis.
12. Para finalis wajib mengenakan seragam sekolah pada ketika tes/wawancara dihadapan dewan juri.


InformasiSelengkapnya silahkan Download Panduan LPIR 2015 (klik disini)

Demikian informasi ini disampaikan semoga bermanfaa.

===================================================


Tag : Lomba
0 Komentar untuk "Lomba Penelitian Ilmiah Sampaumur Lpir 2015 Tingkat Smp"

Back To Top