Contoh Ajuan Aktivitas Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Smp Induk Kluster

CONTOH PROPOSAL KEGIATAN PENDAMPINGAN PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA SMP INDUK KLUSTER


KATA PENGANTAR
Puji syukur dipanjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas terselesaikannya penyusunan Proposal Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 pada tahun 2014 Cluster Induk SMPN 1 Ala Dein. Proposal ini disusun sebagai panduan Kegiatan Pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 tahun anggaran 2014 di Cluster Induk SMPN 1 Ala Dein.


Pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 pada tahun 2014 diperlukan sanggup memantapkan pengetahuan guru terhadap Kurikulum 2013 yang mencakup beberapa aspek: Standar Kompetensi Lulusan (SKL), kerangka dasar dan struktur kurikulum SMP/MTs, standar proses, standar penilaian dan pengisian laporan hasil pencapaian kompetensi (rapor) penerima didik, penyusunan RPP, serta pengembangan materi ajar, buku guru, buku siswa, muatan lokal, matrikulasi (bridging course), bimbingan dan konseling, dan ekstrakurikuler.
Proposal ini  masih mempunyai banyak belum sempurnanya, sehubungan dengan hal tersebut revisi akan dilakukan terus menerus. Masukan banyak sekali pihak, terutama guru akan menjadikannya materi penyempunaan penyusunan proposal.

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pada tahun pelajaran 2014/2015 tiruana SMP (SMP) diseluruh Indonesia akan melaksankan kurikulum 2013 pada kelas VII dan VIII. Sebelum melaksanakan kuikulm 2013, sejumlah guru dari setiap sekolah didiberikan petes.
Pada tahun 2013, implementasi kurikulum 2013 gres dilaksanakan pada 1,437 SMP di 295 kabupaten/kota. Sejumlah guru pada 1.437 sekolah tersebut dilatih sebelum mulai melaksanakan kukulum 2013. Meskipun sudah mempeoleh petes, mereka memerlukan pendampingan di sekolah yang secara eksklusif sanggup memmenolong mereka melaksanakan kurikulum 2013. Pendampingan pelaksanaan kurikulum 2013 yang didiberikan kepada 1.437 SMP di 295 kabupaten/kota pada tahun 2013 dirasakan sangat memmenolong sekolah.
Memperhatikan bahwa selain petes sekolah memerlukan santunan dalam melaksanakan kurikulum 2013 dan mempertimbangkan bahwa pendampingan pelaksanaan kurikulum 2013 yang didiberikan pada tahun 2013 kepada 1.437 SMP di 295 kabupaten/kota terbukti sangat memmenolong sekolah, maka pada tahun 2014 Direktorat Pembinaan SMP akan mempersembahkan pendampingan pelaksanaan kepada tiruana SMP di seluruh wilayah Indonesia yang berjumlah sekitar 36.565 sekolah baik negeri maupun swasta.

B. Landasan Hukum
a)   Kegiatan pendampingan pelaksanaan kurikulum 2013 secara utuh berlandaskan pada ketentuan perundang-undangan sebagai diberikut:
b)   Undang-Undang RI nomor 20 tahun 2003 wacana Sistem Pendidikan Nasional
c)   Undang-Undang RI nomor 14 tahun 2005 wacana Guru dan Dosen
d)   Undang-Undang RI nomor 17 tahun 2007 wacana Rencana Pembangunan Nasional tahun 2005-2012
e)   Peraturan Pemerintah RI  nomor 71 tahun 2008 wacana Guru
f)     Peratran Pemerintah RI nomor 22 tahun 2013 wacana Perubahan atas Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2005 wacana Standar Nasional Pendidikan
g)   Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor 54 tahun 2013 wacana Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah
h)   Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor 65 tahun 2013 wacana Standar Proses Pedidikan dasar dan Menengah
i)     Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor 66 tahun 2013 wacana Standar Penilaian Pendidikan
j)     Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor 68 tahun 2013 wacana Kerangka Dasar dan Struktur SekolahKurikulum Sekolah meengah Pertama/madrasah Tsanawwiyah
k)   Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI nomor 71 tahun 2013 wacana Buku Teks Pelajaan dan buku Panduan Guru untuk Pendidikan dasar dan menengah
l)     Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI nomor 81A tahun 2013 wacana Implementasi Kurikulum
m)  Surat edaran Mendikd nomo 156928/ MK.A/KR/2013 tanggal 08 November 2013 wacana Implementasi Kurikulum 2013
n)   Surat Edaran Bersama menteri Dalam negeri RI dan Menteri Pendidikan dan Kedayaan RI nomo 420/176/SJ dan Nomor 0258/MPKA/KR/2014 hal Implementasi Kurikulum 2013
o)   Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah
p)   Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 61 Tahun 2014 Tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah
q)   Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2014 Tentang Kegiatan Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah
r)    Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah
s)   Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 64 Tahun 2014 Tentang Peminatan pada Pendidikan Menengah

C. Tujuan
1) Tujuan Umum
Memdiberikan penguatan biar SMP Negeri 1 Ala Dein sanggup melaksanakan Kurikulum 2013 mulai dari tahap merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan mengevaluasi pencapaian kompetensi penerima didik dengan baik.
2) Tujuan khusus
Meningkatkan  kemampuan guru sehingga guru bisa dalam:
·        menyusun RPP;
·        menyusun instrumen (termasuk rubrik) penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
·        menyajikan pembelajaran dengan langkah-langkah pendekatan saintifik;
·        melaksanakan penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
·        mengelola nilai penerima didik (termasuk mengisi buku laporan pencapaian kompetensi penerima didik);
·        memahami buku guru, buku siswa, dan mengadaptasi materi ajar;
·        melaksanakan muatan lokal;
·        merencanakan kegiatan ekstrakurikuler;
·        menelusuri talenta dan minat penerima didik;
·        melaksanakan matrikulasi (bridging course);
·        mengidentifikasi kelebihan dan belum sempurnanya pada RPP guru;
·        mengidentifikasi kelebihan dan belum sempurnanya pada instrumen penilaian;
·        melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran dan penilaian yang mereka laksanakan untuk mengidentifikasi kelebihan dan  belum sempurnanyanya, yang selanjutnya sanggup melaksanakan perbaikan secara terus-menerus.

BAB II
PROGRAM PENGUATAN PENDAMPINGAN KURIKULUM 2013
A. Susunan Panitia

B. Rincian Tugas
a) Penanggungjawaban
Bertanggung balasan atas seluruh proses penyelenggaraan Bimtek Penguatan Pendampingan Kurkulum 2013
Mengesahkan anggaran,bahan dan alat-alat manajemen serta pelaporan pelaksanaan
b) Ketua dan Wakil Ketua
Mengawasi/memonitrdan mempersembahkan isyarat terhadap pelaksanaan program
c) Sekretaris
Merencanakan dan menyusun aktivitas kerja pelaksanaan bimbingan teknis
d) Bendahara
Merencanakan dan menyusun anggaran
Mengadministraskian dan melaporkan anggaran keuangan
e) Tim Teknis
Melaksanakan kegiatan administasi yang berkaitan dengan pendataan dan persiapan teknis pelaksanaan yang melipui jadwal pelaksanaan
Melaksanakan pencatatan atas seluruh kegiatan dan beranggngjawaban atas kiprah kesekretariatan
Melaksanakan pembimbingan terhadap calon guru pendamping
e) Tugas Pendamping
Tugas pendamping antara lain yaitu :
Melaksanakan pendampingan dengan mekanisme dan mekanisme yang diputuskan leh Direktorat Pembinaan SMP
Memfasiitasi guru samasukan memperoleh pemahaman yang tepat terkena materi didik berdasakan kurikulum 2013
Memfasilitasi guru samasukan memperoleh pemahaman yang tepat terkena metode pembelajaran dan metode penilaian
Memfasilitasi guru saaran mereviw dan mempebaiki RPP
Merefleksi dan memperbaiki pelaksanaan pembelajaran
Merefleksi dan mempebaiki pelaksanaan penilaian
Menyusun laporan pelaksanaan pendampingan selambat-lambatnya satu ahad sehabis pendampingan selesai dilaksanakan.

C. Samasukan
Peserta kegiatan bimbingan teknis penguatan pendampingan kukulum 2013 sejumlah 45 orang.  Samasukan pendampingan kluster SMP Negeri 1 Ala Dein sejumlah 5 SMP, yaitu:
SMP Negeri 1
SMP Negeri 2
SMP Negeri 3
SMP Negeri 4
SMP Negeri 5
Jumlah penerima dari masing-masing sekolah yang akan memperoleh pendampingan yaitu 10 orang guru yang mencakup 9 (sembilan) orang guru mata pelajaran kelas VII dan VIII (yaitu guru Bahasa Indonesia, PPKn, IPS, Matematika, IPA, Bahasa Inggris, Seni Budaya, Prakarya, dan PJOK) dan 1 (satu) orang guru Bimbingan dan Konseling (BK).

D. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Pendampingan bertempat di SMP Negeri 1 Ala Dein sebagai induk kluster  yang akan  dalaksanakan pada hari Senin tanggal 29 September 2014 hingga dengan selesai

E. Rencana Pelaksanaan
1) Persiapan
·        Penyusunan panduan dan sosialisasi
·        Penyusnan etunjuk teknis pelaksanaan dan materi pendampingan dilakukan oleh direktorat training SMP
·        Sosialisasi aktivitas pendampingan kepada para calon pendamping.
·        ToT pendapingan bagi PTK/pendamping kabupaten/kota
2) Pelaksanaan Pendampingan
Pendampingan diharapakan dibeikan melalui tahapan : IN-1, ON-1, IN-1, ON-2, IN-3. Pertama-tama guru sekolah samasukan dikumpulkan dan didiberi pendampingan di induk klaster selama 1 hari (IN-1). Selanjutnya, para pendamping menhadiri guru-guru ssaaran ke masing-masing sekolah samasukan untuk memdiberi pendampingan selama 1 hari di setiap sekolah samasukan (ON-1) dan seterusnya sesuai dengan keperluan dan kemampuan keuangan masing-masing. Pada ketika IN terakhir diperlukan pendamping sanggup memberikan ealuasi dan mendiskusikan bersama guru samasukan sehingga mencapai kesepahaman.

G. Hasil Yang Diharapkan
Hasil yang diperlukan dari pelaksanaan kegiatan endampingan yaitu :
·        Guru semakin memahami :
·        Kerangka dasar dan struktur kurikulum 2013 yang mencakup : rasional, filosofi, konsep, kaidah, pinsip, makna, dan elemen perubahan kurikulum menurut SKL, Ki dan KD hingga dengan seni manajemen pelaksanaan kurikulum 2013
·        Isi buku siswa dan buku guru beserta penerapannya
·        Proses embelajaran
·        Proses penilaian
·        Pelaksanaan muatan lokal
·        Pelaksanaan ekstrakurikuler
·        Penelusuran talenta dan minat
·        Pelaksanaan matrikulasi (bridging course)
·        Guru semakin terampil :
·        Menyusun planning pelaksanaan pembelajaan
·        Mengelola pembelajaran
·        Menyusun instrmen penilaian
·        Melaksanakan penilaian termasuk pengisian laporan hasil pencapaian kompetensi (rapor) penerima didik
·        Menyelenggarakan muatan lokal
·        Meyelenggarakan ekstrakurikuler
·        Melaksanakan penulusuran minat penerima didik
·        Menyelenggarakan matrikulasi (bridging course).

BAB III  RENCANA ANGGARAN

Perincian Biaya Untuk Bimtek Pendamping Kurikulum 2013 Tingkat Kabupaten
No
Uraian Program
Volu-me
Satuan
Harga Satuan
Jumlah
I. Manajemen Pendampingan

1
Honor Panitia
10
Orang
250,000
2,500,000
2
Pembuatan dan (print out) laporan
1
Buah
100,000
100,000
3
Penjilid dan Cetak Laporan
1
Buah
100,000
100,000
II. Honor Nara Sumber

1
Pendamping
10
Orang
250,000
2,500,000
III. Transfor Pendamping dan Peserta

1
Transfor Pendamping
50
10 or x 5 hari
25,000
1,250,000
2
Transfor Peserta
225
45 or x 5 hari
25,000
5,625,000
3
Transfor Panitia
50
10 or x 5 hari
25,000
1,250,000
IV. Penggandaan/Bahan Pendampingan ATK

1
Kertas HVS 70 Gr (A4)
5
Rim
40,000
200,000
2
Kertas Manila
30
Lembar
3,500
105,000
3
Lem Kertas
30
Tube
2,000
60,000
4
Selotif/Solasi
30
Buah
2,000
60,000
5
Spidol Kecil
10
Pak
12,500
125,000
6
Spidol White Board
30
Buah
7,500
225,000
7
Tinta Printer
5
Buah
30,000
150,000
8
Penggandaan Materi dalam CD
40
Buah
5,000
200,000
9
Sertifikat
40
Lembar
10,000
400,000
V. pertolongan Konsumsi Pendamping dan Peserta

1
Knsumsi Pelaksanaan Panitia
50
10 or x 5 hari
22,000
1,100,000
2
Konsumsi Pendamping
50
10 or x 5 hari
22,000
1,100,000
3
Konsumsi Peserta
225
45 or x 5 hari
22,000
4,950,000
JUMLAH
22,000,000

BAB IV PENUTUP
Keberhasilan suatu aktivitas kerja tidak selalu tergantung pada perencanaan yang cermat dan matang akan tetapi sangat dipengaruhi oleh kinerja seluruh komponen yang terlibat dalam pelaksanaan secara sinergis.
Program kerja yang disusun secara cermat dan matang, Insya Allah bisa mempersembahkan arah dan pola dalam pelaksanaan, mengakibatkan kegiatan tersebut sanggup mencapai samasukan secaraefektif dan efisien serta berlangsung secara tertib dan sukses.
Kesadaran untuk membangun kebersamaan dalam kerjasama yang terpadu dan didukung oleh komunikasi yang baik akan bisa mewujudkan haapan yang sudah digariskan dalam aktivitas tersebut.
Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada kita tiruana, didiberikan keteguhan hati untuk menunaikan dedikasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Amiin.

LINK DOWNLOAD FILE (klik disini)

Demikian informasi ini disampaikan semoga bermanfaa.


===================================================




0 Komentar untuk "Contoh Ajuan Aktivitas Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Smp Induk Kluster"

Back To Top