Pendaftaran Beasiswa Presiden Republik Indonesia Gelombang 2 Tahun 2014 Tanggal 23 Juli 2014 - 17 Agustus 2014

Program Beasiswa Presiden Republik Indonesia periode 2014 kembali dibuka. Program ini mempersembahkan peluang kepada generasi muda Indonesia untuk menempuh pendidikan aktivitas studi strata dua (S2) dan strata tiga (S3) di 50 universitas terbaik di luar negeri.


Garuda 2045: “Indonesia Presidential Scholarship” atau Program Beasiswa Presiden Republik Indonesia atau BPRI adalah aktivitas beasiswa magister & doktor yang diinisiasi oleh pemerintah Indonesia melalui LPDP dengan memakai Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) yang dikelola oleh LPDP berafiliasi dengan pihak Kepresidenan RI untuk menempuh studi pada perguruan tinggi terbaik di dunia.

“Indonesia Presidential Scholarship” (IPS) atau Program beasiswa Presiden Republik Indonesia (BPRI) bertujuan menyiapkan generasi emas Indonesia melalui SDM yang berkarakter baik sebagai pemimpin maupun ilmuwan di aneka macam bidang dalam rangka menyiapkan Indonesia negara yang maju pada 100 tahun kemerdekaan RI pada tahun 2045.
Melekatnya Lembaga Kepresidenan dalam aktivitas beasiswa ini ialah wujud komitmen tertinggi pemerintah Indonesia terhadap pembangunan sumber daya insan Indonesia dalam rangka kejayaan bangsa dan negara Indonesia.

Adapun Persyaratan Pendaftar Program Beasiswa Presiden Republik Indonesia BPRI adalah sebagai diberikut
1. Seluruh Warga Negara Indonesia;
2. Riwayat kepemimpinan di bidang masing-masing;
3. Membuat esai: (a) “Peranku Bagi Indonesia”, (b) “Sukses Terbesar dalam Hidupku”, (c) Perencanaan karier, (d) Pengabdian pascastudi
4. Telah mendapatkan rekomendasi dari tokoh atau pakar di bidangnya/pimpinan di unit kerjanya;
5. Usia terbaik 40 tahun (S2) & 45 tahun (S3);
6. Mempunyai LoA dari kampus yang direferensikan LPDP atau mempunyai kecakapan akademis dan bahasa abnormal yang baik (ditunjukkan oleh IPK dan TOEFL/IELTS).

Komponen pembiayaan Indonesia Presidential Scholarship (IPS)  atau Beasiswa Presiden RI atau BPRI intinya sama dengan komponen pembiayaan Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) mencakup biaya pendidikan, biaya pendukung dan pemanis pembiayaan lainnya
Biaya Pendidikan
a. pendaftaran (at cost),
b. tuition fee (termasuk biaya matrikulasi nonbahasa (at cost)),
c. non-SPP (tuntidakboleh buku, tesis/disertasi, seminar, publikasi, wisuda).

Sedangkan Biaya Pendukung
a. transportasi PP (at cost),
b. asuransi (paket),
c. visa (at cost),
d. tuntidakboleh hidup,
e. tuntidakboleh kehadiran,
f. tuntidakboleh keluarga (2 orang),
g. keadaan darurat.

Tambahan pembiayaan lainnya
a. biaya petes/short course,
b. insentif dana penelitian (analog dengan peringkat kampus di BPI)

Pada tahun 2014 ini Program Beasiswa Presiden Republik Indonesia atau BPRI akan mendapatkan 100 orang awardee dengan  Tahapan Seleksi sebagai diberikut:
1. Seleksi Administrasi
2. Seleksi Wawancara
3. Seleksi Tahap Akhir (Psikotes, Medical Check-up, Leadership Project)


Jadwal penerimaan Beasiswa Presiden RI atau BPRI Gelombang 2 dibuka semenjak tanggal 23 Juli 2014 pukul 00.00 WIB dan ditutup pada tanggal 17 Agustus 2014 pukul 10.00 WIB. Bagi Anda yang berminat silahkan kunjungi website resmi di http://www.lpdp.depkeu.go.id/beasiswa/presidential-scholarship/.


Tag : Beasiswa
0 Komentar untuk "Pendaftaran Beasiswa Presiden Republik Indonesia Gelombang 2 Tahun 2014 Tanggal 23 Juli 2014 - 17 Agustus 2014"

Back To Top