Tuhan Ternyata Bersikukuh Tak Mau Ganti Namanya

Ini yaitu fakta unik wacana pengunaan kata Tuhan sebagai nama manusia. Tulisan dikutip dari regional.kompas.com. Begini warta selengkapnya. Tuhan, masyarakat Dusun Krajan, Desa Kluncing, Kecamatan Glagah, bersikukuh untuk tidak mengganti namanya. Dia meyakini nama itu yaitu pemdiberian orangtuanya dengan tujuan yang baik.



"Saya tidak akan mengganti nama aku, kan itu pemdiberian orangtua. Selain itu, jikalau ganti nama, maka tiruana dokumen juga harus ganti; KTP, surat nikah, ijazah, dan surat-surat lainnya," kata Tuhan, Selasa (25/8/2015).

Bapak dua anak itu pun mengaku selama ini tidak pernah mengalami duduk masalah terkait namanya yang unik itu. "Selama ini baik-baik saja. Enggak ada masalah. Saya spesialuntuk insan biasa. Semua orang juga tahu kalau saya ini profesinya cuma tukang kayu," kata dia.

Komentar Tuhan ini muncul menyusul undangan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Banyuwangi yang meminta Tuhan berbesar hati untuk mengganti namanya. Hal tersebut diungkapkan Achmad Yamin, Ketua MUI Banyuwangi, pagi tadi.

"Lebih baik diganti, ataupun menambah namanya sebab dengan nama yang kini spesialuntuk akan menjadikan perdebatan," ujar Yamin.

Selain itu, secara etika, kata "Tuhan" juga tidak etis untuk dipakai sebagai sebuah nama. Ia kemudian berharap, dinas terkait memperhatikan masyarakat yang akan mempersembahkan nama kepada anak-anaknya.

"Sebetulnya dapat diantisipasi semenjak pertama biar tidak menjadi polemik. Kan secara manajemen sudah diketahui jauh-jauh hari, apalagi beliau kelahiran 1973," kata Yamin lagi.

Sebelumnya, MUI Jawa Timur sudah mengimbau biar Tuhan mau mengganti namanya. Paling tidak, laki-laki berusia 42 tahun itu perlu menambah nama pada pertama atau pada final namanya biar tidak mengandung penafsiran yang salah.

Menurut Ketua MUI Jawa Timur KH Abdusshomad Bukhori, nama "Tuhan" dinilai kurang baik secara adat agama. 

Sumber: http://regional.kompas.com/read/2015/08/25/10091601/Tuhan.Bersikukuh.Tak.Mau.Ganti.Namanya.?utm_campaign=popread&utm_medium=bp&utm_source=news



= Baca Juga =



Tag : Berita
0 Komentar untuk "Tuhan Ternyata Bersikukuh Tak Mau Ganti Namanya"

Back To Top