Cara Memproteksi Dokumen Word Semoga Tidak Sanggup Dicopy Dan Di Edit

Hampir tiruana orang yang biasa memakai komputer sudah mengenal dokumen MS WORD atau office word. Pada beberapa kasus kita kadang menginginkan supaya dokumen word kita sanggup disharre-kan kepada orang lain namun tidak untuk di copy paste. Oleh sebab itu kita perlu memproteksi dokumen yang kita buat. Tulisan ini mencoba  mempersembahkan trik atau cara memproteksi dokumen word kita supaya tidak sanggup di edit atau dicopy oleh orang lain, seperti file PDF yg terproteksi. Namun memakai dokumen word yang diproteksi lebih banyak keuntungannya daripada merubahnya ke format pdf. Hal ini sebab dengan memproteksi dokumen WORD dengan password tertentu, suatu ketika ketika kita akan mengeditnya tinggal memasukkan password yang sudah kita buat.


Untuk memproteksi dokumen word, pada Office 2007 dan 2010 sudah disediakan sebuah tools yg berjulukan Restrict Formmatting and Editing, tools ini berfungsi untuk memproteksi file word dengan banyak sekali macam jenis proteksi.

Untuk mengakses tools Restrict Formmatting and Editing Pada Office 2007 dapat kita jalan masuk dengan mengklik TAB sajian Review> Protect Document> Restrict Editing

Sedangkan pada Office 2010 dapat kita jalan masuk dengan mengklik TAB sajian Review> Ribbon Protect> Restrict Editing

Untuk Anda yang akan mencobanya ikuti langkah diberikut:
Pertama,
Buka sebuah file word yang sudah kita buat. Akses Restrict Formmatting and Editing dengan cara di atas. Sesudah Tools dibuka maka akan muncul task pgual Restrict formating and Editing disebelah kanan dokumen

Kedua,
Sesudah terbuka akan terlihat form menyerupai gambar di bawah ini



Selanjutnya Centang atau ceklist Allow Only this type of editing in the document :

Ketiga,
Pada options dibawahnya pilih Filling in Forms.



Keempat,
Kemudian Klik Yes, Star Enforcing Protection.


Pada jendela yang muncul, isi password yang di inginkan. Jika simpulan lihat hasilnya, dan tidakboleh lupa save. Sekarang dokumen kita sudah terproteksi.


NB: Sehubungan banyak Aplikasi Nilai Kurikulum 2013 dan Aplikasi Raport Kurikulum 2013 yang dibentuk dalam fomat EXCEL, bagi Anda yang ingin menghilangkan atau menghapus perlindungan SHETS pada EXCEL tanpa memakai password silahkan klik link di bawah ini.


LINK CARA MENGHILANGKANPROTEKSI PADA EXCEL TANPA MENGGUNAKAN PASSWORD (klik disini)

Demikian warta ini disampaikan semoga bermanfaa.


===================================================


Tag : Tutorial
0 Komentar untuk "Cara Memproteksi Dokumen Word Semoga Tidak Sanggup Dicopy Dan Di Edit"

Back To Top