Lomba Cipta Cinderamata Nusantara

Kemampuan kreatif mendaur ulang barang bekas menjadi barang yang lebih berharga perlu dimiliki oleh masyarakat, terutama dengan tingkat produksi  barang bekas yang jumlahnya sangat banyak di Indonesia. Misalnya barang bekas plastik, di Indonesia banyak penjual masakan di warung-warung yang memakai tempat plastik sekali pakai saja, kondisi ini jikalau terus menerus terjadi akan menambah jumlah sampah. Apalagi plastik yakni materi yang susah diurai sehingga berpotensi merusak lingkungan.



Mengolah barang bekas menjadi suatu barang yang sanggup dimanfaatkan kembali akan memdiberi nilai tambah pada barang tersebut. Hasil kreasi barang yang bernilai seni akan lebih disukai dibandingkan barang bekas yang biasa biasa saja. Kemampuan mendaur ulang barang bekas menjadi barang berharga sangat penting dimiliki oleh para perajin daur ulang dan masyarakat pada umumnya. Untuk itu pemerintah perlu memdiberi ruang kreatif biar masyarakat bisa memanfaatkan barang bekas dan melaksanakan inovasi-inovasi di bidang seni daur ulang.
Membuat cinderamata  dari bahan daur ulang ( bekas ) selain sanggup menghasilkan karya yang kreatif juga memmenolong menyelamatkan lingkungan. Oleh alasannya yakni itu Direktorat Pembinaan Kesenian dan Perfilman, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan Lomba Cipta Cinderamata Nusantara. Lomba ini dilakukan untuk menggali kreatifitas masyarakat Indonesia, sekaligus sebagai salah satu wujud perjuangan pelestarian lingkungan.
Ajang ini juga diperlukan bisa meningkatkan kecintaan dan kepedulian generasi muda terhadap pelestarian dongeng rakyat Indonesia. Pada jangka panjang, lomba ini diperlukan sanggup membuat budaya masyarakat Indonesia yang kreatif dalam mendaur ulang sampah/barang bekas dan mempunyai kepedulian terhadap lingkunga

PETUNJUK TEKNIS LOMBA CIPTA CINDERAMATA NUSANTARA
TEMA : “Cipta Kreasi Cinderamata Nusantara Berbahan Daur Ulang”
Lomba terbuka untuk seluruh masyarakat Indonesia yang berusia 13 – 25 tahun.
Karya yang dilombakan dalam bentuk produk cinderamata berbahan daur ulang disertai dengan deskripsi karya mencakup beberapa aspek : Judul, konsep, metode/cara pembuatan, fungsi, dan identitas diri sebanyak 1 halaman A4 mencakup beberapa aspek deskripsi dan foto karya.
Bahan dasar karya yang dilombakan yakni : PLASTIK ; ( botol, kantong plastik / kresek, dan gelas plastik), KERTAS ; ( koran, majalah, kardus, dan kertas bekas ), KAIN / SERAT ; ( perca, karung, rumput, dan daun ), KAYU ; ( Serbuk / serutan gerpenghasilan dan bambu ), KARET ; ( sandal, sepatu,dan ban ), PECAHAN ; ( keramik, gelas, dan bohlam ).
Ukuran karya yang diserahkan 3D terbaik : 30 x 30 x 30 cm, dan 2D terbaik : 50 x 50 cm.
Karya yang di buat harus mengutamakan kontens kearifan lokal ( bercirikan tempat / budaya setempat ) dan sanggup menjadi ciri khas cinderamata tempat tersebut.
Karya ialah hasil karya sendiri ( perorangan ) dan bukan karya plagiat.
Lomba terdiri atas 2 kategori : Kategori 1: Usia 13-18 tahun, dan kategori 2 : Usia 19-25 tahun.
Karya yang dilombakan belum pernah mendapat penghargaan apapun.
Peserta spesialuntuk diperbolehkan mengirimkan terbaik 2 karya per kategori.
Peserta lomba wajib memfollow twitter @budayaaku, like fan page “Kebudayaan Indonesia” dan instagram @budayaaku.
Karya cinderamata dikirimkan ke alamat :
Subdit Pembinaan Seni Rupa, Direktorat Pembinaan Kesenian dan Perfilman, Kompleks Kemdikbud, Gedung E Lantai 9, Jalan Jenderal Sudirman, Senayan-Jakarta.
Karya penerima paling lambat diterima oleh panitia pada tanggal 2 Oktober 2015 (cap pos).
Seluruh karya penerima akan dikembalikan setelah acara selesai. Hak Cipta menempel pada penerima lomba. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan didiberikan hak untuk mempublikasikan demi kepentingan non komersil.
Panitia berhak mendiskualifikasi penerima sebelum dan setelah seleksi apabila dianggap melaksanakan kecurangan.
Lomba akan menentukan masing-masing 10 nominator setiap kategori, dan akan di panggil untuk mempresentasikan hasil karya masing-masing.
Peserta wajib hadir untuk mempresentasikan karyanya masing – masing ( tidak sanggup diwakilkan ).
Pemenang akan diumumkan oleh Dewan Juri pada tanggal 29 Oktober 2015 di Bandung.
Keputusan Dewan Juri mutlak dan tidak sanggup diganggu gugat.
Penyerahan piala dan hadiah kepada para pemenang pada tanggal 29 Oktober
Pajak hadiah ditanggung pemenang.
Panitia akan menanggung biaya transportasi (dari tempat asal ke Bandung P.P) transportasi lokal, kemudahan dan konsumsi selama 3 hari untuk penerima yang terpilih sebagai nominator.
Hadiah untuk masing-masing kategori :
Juara I                             : Rp. 15.000.000,-
Juara II                            : Rp. 12.000.000,-
Juara III                           : Rp. 10.000.000,-
Juara Harapan I             : Rp.   8.000.000,-
Juara Harapan II           : Rp.   5.000.000,-
Koordinasi lebih lanjut sanggup menghubungi:
Anita : 081287002592, Soraya: 081281588528,

Email : senirupa.pkp@gmail.com



= Baca Juga =



Tag : Lomba
0 Komentar untuk "Lomba Cipta Cinderamata Nusantara"

Back To Top