Lomba Penulisan Best Practice Bagi Guru Sma Smk Tahun 2014

Lomba Best Practice 2014
Dalam   meningkatkan motivasi  dan kompetensi  guru dalam mempublikasikan pengalaman terbaiknya, maka diadakanlah kegiatan  lomba   penulisan  Best Practice   bagi guru SMA/SMK.   Karena  itu diperlukan  adanya  Pedoman Pelaksanaan Lomba Penulisan Best Practice Guru SMA/SMK dalam Pembelajaran di Sekolah.
Kegiatan penulisan  Best Practice bagi guru SMA/SMK ini bertujuan: 
1. Meningkatkan  motivasi  dan kompetensi   guru untuk menuliskan  best practice  dalam bentuk publikasi ilmiah , 
2. Menyebarluaskan hasil   goresan pena pengalaman terbaik guru, melalui banyak sekali media dan aktivitas yang lain (seminar, lokakarya ,   dan lain- lain), semoga terjadi  penambahan wawasan bagi guru  yang lain  semoga menjadi guru yang  profesional , dan
3. Memmenolong guru dalam melakukan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)  melalui penulisan publikasi ilmiah yang berupa Tinjauan Ilmiah bidang pembelajaran yang meliputi ungkapan  pengalaman terbaik   dalam melakukan kiprah - kiprah nya.  Kegiatan penulisan  Best Practice   ini bertujuan: 
Penulis  yang lolos evaluasi tahap pertama akan memperoleh peluang  diundang di Jakarta untuk mengikuti presentasi tingkat nasional,  sehingga sanggup mendengarkan dan berdiskusi wacana pengalamaan terbaik dari   guru yang berasal dari  banyak sekali kawasan seluruh Indonesia. Penyaji terbaik pada kegiatan   lomba   Pengalaman Terbaik (Best Practice)   tingkat nasional  akan memperoleh hadiah
yang berupa  akta tingkat nasional dan penghargaan lainnya .

Persyaratan Peserta
1.       Peserta Penulisan ini yakni guru pendidikan menengah (SMA, SMK)
2.       Penulisan laporan  Best Practice  dilakukan perorangan.  

C.   Penulisan 
1. Diketik terbaik 15 halaman A4  (penlampauan terbaik 3 halaman,  best practice  terbaik 7 halaman, rencana pengembangan terbaik 4 halaman, kesimpulan   dan masukan 1 halaman), spasi 1,5,  Huruf  Time New Roman  ukuran  12 pt,  batas tepi /margin  kiri 4 cm,  kanan 3 cm,  atas  3  cm, dan bawah 3 cm .
2.       Naskah dijilid   rapi   dengan memakai sampul  soft cover  berwarna  HIJAU   dan format sesuai dengan yang  tersaji  dalam lampiran. Semua lampiran  harus dijilid  menjadi satu kesatuan dengan laporannya (tidak disajikan secara terpisah). 
3.   Kerangka Isi
•  Bagian Awal  terdiri dari halaman judul, lembaran persetujuan,  kata pengantar, daftar isi,  ajaib atau ringkasan, daftar tabel, daftar gambar, dan daftar lampiran (bila ada).
•   Bagian Isi  memuat: (a) penlampauan: mencakupkan wacana latar belakang timbulnya masalah, pendekatan penyelesaian masalah, tujuan, dan manfaat; (b) langkah- langkah atau cara-cara dalam memecahkan masalah, termasuk kendala hambatan yang harus diatasi  yang dituangkan secara rinci, alat dan/atau instrumen yang digunakan, tempat dan waktu serta forum yang menunjang pelaksanaan; ( c) hasi l yang dicapai; dan ( d) jawaban dan Saran. 
•  Bagian Penutup mencakup  daftar pustaka dan lampiran - lampiran wacana tiruana data yang digunakan untuk menunjang goresan pena ini. 

Kelengkapan yang harus dikirim kepada panitia : 
1. Laporan tertulis  sebanyak  2 (dua) eksemplar.
2. Naskah sajian ( print - out) presenta si yang berupa ta yangan  Power   Point , dengan jumlah slide sekitar 10- 20  buah, untuk presentasi  disediakan waktu terbaik  10 menit.
3. CD yang meliputi laporan lengkap   dalam format  MS. Word, dan juga mencakup  naskah presentasi dalam format MS.  PowerPoint .

Laporan  yang sudah selesai  (sudah menerima persetujuan/pengesahan) beserta CD   dikirimkan ke alamat   diberikut :
PANITIA PENULISAN BEST  PRACTICE GURU 
Subdit Program dan Evaluasi
Direktorat Pembinaan PTK Pendidikan Menengah
Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah
Kemdikbud Gedung D Lantai 12 
Jalan Jenderal Sudirman ,  Pintu 1 Senayan, Jakarta 

Berkas   laporan paling lambat  sudah  dikirim   kepada panitia  pada tanggal  29  Agustus  201 4  (cap pos)
Pengiriman  dilakukan melalui  jasa pengiriman  dan dilakukan oleh guru yang bersangkutan, tidak melalui sekolah atau yang lain.  Bagi penerima yang lolos  dalam Penilaian Tahap Pertama (Penilaian Dokumentasi) akan menpunyai peluang mengikuti presentasi tingkat nasional




Tag : Lomba
0 Komentar untuk "Lomba Penulisan Best Practice Bagi Guru Sma Smk Tahun 2014"

Back To Top