Lomba Best Practice 2014 |
Kegiatan penulisan Best Practice bagi guru SMA/SMK ini bertujuan:
1. Meningkatkan motivasi dan kompetensi guru untuk menuliskan best practice dalam bentuk publikasi ilmiah ,
2. Menyebarluaskan hasil goresan pena pengalaman terbaik guru, melalui banyak sekali media dan aktivitas yang lain (seminar, lokakarya , dan lain- lain), semoga terjadi penambahan wawasan bagi guru yang lain semoga menjadi guru yang profesional , dan
3. Memmenolong guru dalam melakukan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui penulisan publikasi ilmiah yang berupa Tinjauan Ilmiah bidang pembelajaran yang meliputi ungkapan pengalaman terbaik dalam melakukan kiprah - kiprah nya. Kegiatan penulisan Best Practice ini bertujuan:
Penulis yang lolos evaluasi tahap pertama akan memperoleh peluang diundang di Jakarta untuk mengikuti presentasi tingkat nasional, sehingga sanggup mendengarkan dan berdiskusi wacana pengalamaan terbaik dari guru yang berasal dari banyak sekali kawasan seluruh Indonesia. Penyaji terbaik pada kegiatan lomba Pengalaman Terbaik (Best Practice) tingkat nasional akan memperoleh hadiah
yang berupa akta tingkat nasional dan penghargaan lainnya .
Persyaratan Peserta
1. Peserta Penulisan ini yakni guru pendidikan menengah (SMA, SMK)
2. Penulisan laporan Best Practice dilakukan perorangan.
C. Penulisan
1. Diketik terbaik 15 halaman A4 (penlampauan terbaik 3 halaman, best practice terbaik 7 halaman, rencana pengembangan terbaik 4 halaman, kesimpulan dan masukan 1 halaman), spasi 1,5, Huruf Time New Roman ukuran 12 pt, batas tepi /margin kiri 4 cm, kanan 3 cm, atas 3 cm, dan bawah 3 cm .
2. Naskah dijilid rapi dengan memakai sampul soft cover berwarna HIJAU dan format sesuai dengan yang tersaji dalam lampiran. Semua lampiran harus dijilid menjadi satu kesatuan dengan laporannya (tidak disajikan secara terpisah).
3. Kerangka Isi
• Bagian Awal terdiri dari halaman judul, lembaran persetujuan, kata pengantar, daftar isi, ajaib atau ringkasan, daftar tabel, daftar gambar, dan daftar lampiran (bila ada).
• Bagian Isi memuat: (a) penlampauan: mencakupkan wacana latar belakang timbulnya masalah, pendekatan penyelesaian masalah, tujuan, dan manfaat; (b) langkah- langkah atau cara-cara dalam memecahkan masalah, termasuk kendala hambatan yang harus diatasi yang dituangkan secara rinci, alat dan/atau instrumen yang digunakan, tempat dan waktu serta forum yang menunjang pelaksanaan; ( c) hasi l yang dicapai; dan ( d) jawaban dan Saran.
• Bagian Penutup mencakup daftar pustaka dan lampiran - lampiran wacana tiruana data yang digunakan untuk menunjang goresan pena ini.
Kelengkapan yang harus dikirim kepada panitia :
1. Laporan tertulis sebanyak 2 (dua) eksemplar.
2. Naskah sajian ( print - out) presenta si yang berupa ta yangan Power Point , dengan jumlah slide sekitar 10- 20 buah, untuk presentasi disediakan waktu terbaik 10 menit.
3. CD yang meliputi laporan lengkap dalam format MS. Word, dan juga mencakup naskah presentasi dalam format MS. PowerPoint .
Laporan yang sudah selesai (sudah menerima persetujuan/pengesahan) beserta CD dikirimkan ke alamat diberikut :
PANITIA PENULISAN BEST PRACTICE GURU
Subdit Program dan Evaluasi
Direktorat Pembinaan PTK Pendidikan Menengah
Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah
Kemdikbud Gedung D Lantai 12
Jalan Jenderal Sudirman , Pintu 1 Senayan, Jakarta
Berkas laporan paling lambat sudah dikirim kepada panitia pada tanggal 29 Agustus 201 4 (cap pos)
Pengiriman dilakukan melalui jasa pengiriman dan dilakukan oleh guru yang bersangkutan, tidak melalui sekolah atau yang lain. Bagi penerima yang lolos dalam Penilaian Tahap Pertama (Penilaian Dokumentasi) akan menpunyai peluang mengikuti presentasi tingkat nasional
Tag :
Lomba
0 Komentar untuk "Lomba Penulisan Best Practice Bagi Guru Sma Smk Tahun 2014"